ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH MATHLA’UL ANWAR NATAR

SERINA, KARTIKA (2024) ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH MATHLA’UL ANWAR NATAR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini membahas tentang proses pembelajaran pada mata pelajaran matematika di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Mathla’ul Anwar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran pada pembelajaran matematika di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Mathla’ul Anwar Natar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, tempat dalam penelitian ini dilaksanakan di MI Mathla’ul Anwar pada semester genap, yang menjadi subjek penelitian adalah informan yang memberikan informasi terkait masalah yang akan diteliti subjek dalam kajian ini pendidik kelas V dan peserta didik kelas V objek dalam masalah ini adalah proses pembelajaran matematika kelas V. Dalam penelitian ini responden yang digunakan sebagai sumber data adalah pendidik yang mengajar matematika di kelas V dan peserta didik kelas V sementara sumber data yang lain yang mendukung atau pendukung berupa dokumen atau catatat yang berkaitan dengan proses pembelajaran kelas V. Prosedur pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan triangulasi. Metode analisis data pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan verifikasi. Untuk memperoleh keabsahan data perlu digunakan teknik triangulasi sebagai teknik pengumpulan data. Validasi menggunakan triangulasi data dengan cara memeriksa kebenaran data dengan menggunakan perbandingan antara dari sumber data satu ke sumber data yang berbeda. Hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa proses pembelajaran pada mata pelajaran matematika pada perencanaan pendidik kelas V membuat RPP, silabus serta sesuai ketentuan hanya saja pada pelaksanaan pendidik tidak melaksanakan semua kegiatan sesuai dengan RPP, evalusi mengunakan penilaian tiga ranah yaitu sikap,pengetahuan dan keterampilan. Kendala yang dihadapi pendidik di antaranya yaitu kurangnya respon peserta didik dalam proses pembelajaran, daya tangkap peserta didik yang berbeda, kemudian pendidik kelas tidak menggunakan media yang tercantum dalam RPP, iii kemampuan dasar matematika dasar peserta didik yang masih kurang dan evalusi pembelajaran matematika yang masih belum maksimal. Solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang terjadi di antaranya pendidik di ikut sertakan pada pelatihan, memberikan reword dan memberikan pelajaran tambahan di luar jam pelajaran. Kata Kunci : Proses Pembelajaran Matematika iv ABSTRACT This thesis discusses the learning process in the subject of mathematics in the fifth-grade of Madrasah Ibtidaiyah Mathla'ul Anwar. The research problem in this study is how the learning process in mathematics in the fifth-grade of Madrasah Ibtidaiyah Mathla'ul Anwar Natar. This research uses a qualitative approach. Data collection techniques include interviews, observations, and documentation. Data analysis is performed using descriptive analysis. The results of the study can be summarized as follows: in the planning of education for the fifth-grade mathematics subject, the teachers create lesson plans (RPP) and syllabi in accordance with the regulations. However, in the implementation of education, the teachers do not carry out all activities as specified in the lesson plans. The evaluation uses a three-domain assessment, including attitudes, knowledge, and skills. The challenges faced by teachers include the lack of response from students in the learning process, different levels of student comprehension, failure to use the media mentioned in the lesson plans, insufficient basic mathematical skills among students, and suboptimal mathematical learning evaluation. Solutions to overcome these challenges include teacher participation in training, providing rewards, and giving additional lessons outside of regular class hours. Keywords: Mathematics Learning Process

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jan 2024 04:50
Last Modified: 17 Jan 2024 09:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32044

Actions (login required)

View Item View Item