IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DI SMP AL-HUDA JATIAGUNG LAMPUNG SELATAN

KUSNUL, SITI CHOTIMAH (2024) IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DI SMP AL-HUDA JATIAGUNG LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI KUSNUL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Kepala Sekolah didefinisikan sebagai seorang tenaga fungsional guru yang diberi tugas tambahan untuk memimpin suatu lembaga pendidikan. Supervisi akademik merupakan bentuk bantuan kepala sekolah yang dilakukan kepada guru untuk meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan proses pembelajaran. Keberhasilan proses pembelajaran di sekolah banyak dipengaruhi oleh faktor kepala sekolah, guru dan siswa. Oleh karena itu kemampuan dan kinerja guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran perlu ditingkatkan dengan pengawasan dan bimbingan dari kepala sekolah sebagai supervisor pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah di SMP Al-Huda Jatiagung Lampung Selatan mengenai perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut supervisi akademik. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah desain penelitian kualitatif semu (quasi qualitatif design). Dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer yaitu sumber data yang dikumpulkan secara langsung dari informan yaitu kepala sekolah, waka kurikulum dan guru. Sedangkan sumber data sekunder yaitu data dokumentasi dan data pendukung lainnya yang diperoleh dari sekolah. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah menjalankan perannya sebagai supervisor dengan membuat perencanaan program supervisi akademik, melaksanakan program supervisi akademik dengan teknik-teknik supervisi dan menindaklanjuti hasil dari pelaksanaan supervisi maka hal itu berdampak pada kinerja guru yang terus membaik dalam pelaksanaan pembelajaran di SMP Al-Huda Jatiagung Lampung Selatan. Kata Kunci : Kepala Sekolah, Supervisi Akademik, Guru iv ABSTRACT The principal is defined as a teacher's functional staff who is assigned to lead an educational institution where the teaching�learning process is carried out, or a place where there is interaction between the teacher who gives the lesson and the students or students who receive the lesson. Academic supervision is a form of assistance provided to teachers to improve their ability to carry out the learning process. The success of the learning process in schools is heavily influenced by school principals, teachers, and students. Therefore, the ability and performance of teachers in carrying out learning activities needs to be improved with supervision and guidance from the school principal as an educational supervisor. This study aims to find out how the implementation of academic supervision is carried out by the principal at Al-Huda Jatiagung Middle School, South Lampung regarding planning, implementation and follow-up of academic supervision. The research method used by the author is a quasi qualitative research design (quasi qualitative design). By using data collection techniques in the form of observation, interviews and documentation. The data source in this research uses primary data, namely data sources collected directly from informants, namely the principal, head of curriculum and teachers. Meanwhile, secondary data sources are documentation data and other supporting data obtained from schools. Data validity testing was carried out by source triangulation and technical triangulation. Data analysis in this research uses data reduction, data presentation and conclusions. The results of the research show that the principal carries out his role as a supervisor by planning an academic supervision program, implementing an academic supervision program with supervision techniques and following up on the results of the implementation of supervision so that this has an impact on teacher performance which continues to improve in the implementation of learning at Al-Huda Middle School Jatiagung, South Lampung. Keywords : Principal, Academic Supervision, Teachers

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jan 2024 04:41
Last Modified: 17 Jan 2024 09:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32043

Actions (login required)

View Item View Item