PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 2 SAWAH BREBES BADAR LAMPUNG

MITHA, MUTHIARA HADTHI (2024) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 2 SAWAH BREBES BADAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI MITHA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Rendahnya hasil belajar peserta didik dapat terjadi dikarenakan suasana kelas yang kurang kondusif. Terdapat gejala yang ditemukan bahwa sebagian besar peserta didik kurang tertarik mengikuti pembelajaran di kelas, hal ini dapat dilihat dari proses pembelajaran banyak peserta didik yang tidak memperhatikan guru, peserta didik melakukan hal-hal di luar dari kegiatan belajar seperti mengobrol dan mengantuk dapat menyebabkan peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran dan masih banyak hasil belajar peserta didik yang tidak tuntas atau hasil belajarnya rendah. Keberhasilan dari pendidikan dapat dilihat salah satunya dari semakin meningkatnya hasil belajar peserta didik. Adapun faktor lainnya yang dapat mempengaruhi meningkatnya hasil belajar antara lain dari strategi yang digunakan guru dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya hasil belajar ranah kognitif di SDN 2 Sawah Brebes Bandar Lampung, masalah tersebut pun dapat terjadi karena strategi atau model pembelajaran yang digunakan kurang afektif atau efesien untuk membuat peserta didik lebih aktif dan mendapatkan hasil belajar yang tinggi. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk menerapkan strategi pembelajaran baru yang belum pernah digunakan oleh pendidik yaitu strategi pembelajaran Lightening The Learning Climate. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran Lightening The Learning Climate terhadap hasil belajar ranah kognitif peserta didik di kelas V SDN 2 Sawah Brebes Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Experiment Desaign, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling, kelas V A sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes dan observasi. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data dan uji hipotesis (uji-t) yang telah dilakukan terdapat nilai Sig 0,001 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi kesimpulannya yaitu terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan strategi pembelajaran Lightening The Learning Climate terhadap hasil belajar ranah kognitif pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 2 Sawah Brebes Bandar Lampung. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Lightening The Learning Climate, Hasil Belajar Ranah Kognitif, IPA iv ABSTRACT Low student learning outcomes can occur due to a less conducive classroom atmosphere. There are symptoms found that the majority of students are less interested in participating in learning in class, this can be seen from the learning process, many students do not pay attention to the teacher, students do things outside of learning activities such as chatting and feeling sleepy which can cause students to less active in the learning process and there are still many students' learning outcomes that are incomplete or have low learning outcomes. The success of education can be seen, one way, from the increasing learning outcomes of students. Other factors that can influence increasing learning outcomes include the strategies used by teachers in learning activities. This research is motivated by the low learning outcomes in the cognitive domain at SDN 2 Sawah Brebes Bandar Lampung. This problem can also occur because the learning strategies or models used are less affective or efficient to make students more active and get high learning outcomes. Therefore, researchers are interested in implementing a new learning strategy that has never been used by educators, namely the Lightening The Learning Climate learning strategy. This research aims to determine the significant influence of the Lightening The Learning Climate learning strategy on learning outcomes in the cognitive domain of students in class V of SDN 2 Sawah Brebes Bandar Lampung. This research is a type of Quasy Experiment Design research, the sampling technique used is Cluster Random Sampling, class V A as the experimental class and class V B as the control class. Data collection techniques in this research are tests and observations. Hypothesis testing in this research uses the t-test. Based on the results of data analysis and hypothesis testing (t�test) that has been carried out, there is a Sig value of 0.001 < 0.05, which means H is rejected and H is accepted. So the conclusion is that there is a significant influence on the use of the Lightening The Learning Climate learning strategy on learning outcomes in the cognitive domain in class V science subjects at SDN 2 Sawah Brebes Bandar Lampung. Keywords: Learning Strategy Lightening The Learning Climate, Domain Learning Outcomes Cognitive, natural science

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jan 2024 03:55
Last Modified: 17 Jan 2024 09:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32039

Actions (login required)

View Item View Item