KONSEP PENDIDIKAN AQIDAH PERSPEKTIF MUHAMMAD NAFIS AL-BANJARI (WAFAT 1812 M) DAN ABDURRASYID BANJAR (WAFAT 1934 M) DAN IMPLEMENTASNYA DI DESA TANJUNG RAJA LAMPUNG UTARA

ALFAREZI, ROBANI (2024) KONSEP PENDIDIKAN AQIDAH PERSPEKTIF MUHAMMAD NAFIS AL-BANJARI (WAFAT 1812 M) DAN ABDURRASYID BANJAR (WAFAT 1934 M) DAN IMPLEMENTASNYA DI DESA TANJUNG RAJA LAMPUNG UTARA. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of TESIS BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of TESIS FULL ALFAREZI ROBANI.pdf] PDF
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan sangat identik dengan sebuah perkembangan seseorang "جِاَ١ؽٌ َاُُ ١ْ ٍِؼَ ْذ، َٚ َؼ١ ُُ َاٌرَ ْؼٍِ ْ١ ُاج ." Pada saat ini masyarakat sudah di permudah oleh kemajuan di bidang teknologi baik dari segi komunikasi maupun trasportasi, disamping itu juga kemajuan teknologi membawa dampak negatif bagi masyarakat, hari ini masyarakat banyak yang melupakan kearifan lokal yang merupakan keaslian dari daerahnya sendiri. Contohnya masyarakat millenial hari kurang mengenali budaya atau adat sebagai jati diri suku bangsa, seperti halnya kitab Ad-Durrun Nafis dan Perukunan Besar Melayu yang lekang dimakan zaman. Masyarakat millenial banyak yang menganggap bahwa mempelajari kitab Ad-Durrun Nafis dan Perukunan Besar Melayu saat ini adalah hal yang kuno dan tidak mengasikkan untuk di pelajari, padahal di dalam Ad-Durrun Nafis dan Perukunan Besar Melayu sendiri memuat nilai-nilai luhur yang tentunya sangat relevan pada saat ini. Berangkat dari latar belakang masalah diatas, penulis termotivasi untuk meneliti dan mengkaji Pendidikan aqidah yang mengacu pada pemikiran Muhammad Nafis Al-Banjari Dan Abdurrasyid Banjar. Dengan judul Konsep Pendidikan Aqidah Perspektif Muhammad Nafis Al-Banjari (Wafat 1812 M) Dan Abdurrasyid Banjar (Wafat 1934 M) Dan Implementasnya Di Desa Tanjung Raja Lampung Utara. Penelitian yang penulis gunakan adalah jenis penelitian lapangan atau disebut field research yaitu penelitian yang objeknya mengenai konsep Pendidikan aqidah Muhammad Nafis Al-Banjari dan Abdurrasyid Banjar dan Implementasinya di desa Tanjung Raja Lampung Utara yaitu penelitian antropologi spiritual yang mengkaji manusia dalam dimensi spiritual yang dimilikinya, baik yang menyangkut perilaku aqidah, sistem pengetahuan, dan totalitas kehidupan manusia. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis yang mana penelitian ini bertujuan untuk mengambarkan mengenai suatu individu, keadaan, gejala atau kelompok tertentu. Disini penulis menggunakan metode observasi, kemudian wawancara, dan juga dokumentasi untuk sumber data yang sama. Kesimpulan dari penelitian ini Implementasi Pendidikan Aqidah Muhammad Nafis Banjari dan abdurrasyid Banjar. Menamakan keyakinan di dalam diri seseorang dengan cara mengenali dirinya terlebih dahulu. ketika seseorang telah mengenali dirinya maka hati dan pikiran ini akan tunduk kepada Allah SWT. Lalu, keyakinan ini menjadikan seseorang rendah hati dan terjalin keharmonisan antar sesama masyarakat, hal ini dapat kita lihat dari tingginya antusias masyarakat Desa Tanjung Raja untuk mengikuti kajian-kajian keagamaan di setiap minggunya. Sedangkan Abdurrasyid Banjar berpendapat agar seorang insan dapat menjalankan aqidah dengan baik dan dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT, guru atau mursyid harus lah mengenalkan secara mendalam tentang keimanan terlebih dahulu, di awali dengan memahami syahadat. Adapun fardhu syahadat itu terbagi menjadi dua; pertama haruslah diucapkan dengan lidah, kedua haruslah di tasdiqkan atau di benarkan di dalam hati. Kesempurnaan syahadat terbagi menjadi empat; pertama diketahui, kedua diiqrarkan, ketiga ditasdiqkan, keempat diyakinkan. Kata Kunci: Konsep Pendidikan, Aqidah v ABSTRACT Education is very synonymous with a person's development "ُاجَ١ؼُُ َ١ْ ٍِؼَ ْرٌاُُ ، َٚ١ْ ٍِؼَ ْذ جِاَ١ؽٌ َا ." Currently, society has been made easier by advances in technology both in terms of communication and transportation. Apart from that, technological advances also have a negative impact on society. Today, many people forget local wisdom which is the authenticity of their own region. For example, millennial society today does not recognize culture or customs as ethnic identity, such as the books Ad-Durrun Nafis and Perukunan Besar Melayu which are timeless. Many millennial people think that studying the books Ad-Durrun Nafis and Perukunan Besar Melayu today is old-fashioned and not fun to study, even though in Ad�Durrun Nafis and Perukunan Besar Melayu itself contains noble values which are of course very relevant at this time. Departing from the background of the problem above, the author is motivated to research and study aqidah education which refers to the thoughts of Muhammad Nafis Al-Banjari and Abdurrasyid Banjar. With the title The Concept of Aqidah Education from the Perspective of Muhammad Nafis Al-Banjari (Died 1812 AD) and Abdurrasyid Banjar (Died 1934 AD) and its Implementation in Tanjung Raja Village, North Lampung. The research that the author uses is a type of field research or what is called field research, namely research whose object is the concept of Muhammad Nafis Al-Banjari and Abdurrasyid Banjar's aqidah education and its implementation in the village of Tanjung Raja, North Lampung, namely spiritual anthropology research which examines humans in their spiritual dimensions, both which concerns religious behavior, knowledge systems, and the totality of human life. This research is a descriptive analysis in which this research aims to describe an individual, situation, symptom or certain group. Here the author uses the observation method, then interviews, and also documentation for the same data source. The conclusion of this research is the Implementation of Aqidah Education for Muhammad Nafis Banjari and Abdurrasyid Banjar. Naming beliefs within a person by getting to know him or herself first. When someone has recognized himself, his heart and mind will submit to Allah SWT. Then, this belief makes a person humble and creates harmony between people in the community. We can see this from the high enthusiasm of the people of Tanjung Raja Village in participating in religious studies every week. Meanwhile, Abdurrasyid Banjar is of the opinion that in order for a human being to be able to carry out the aqidah well and be able to get closer to Allah SWT, the teacher or murshid must provide an in-depth introduction to the faith first, starting with understanding the shahada. The fardhu shahadah is divided into two; First, it must be said with the tongue, second, it must be tasdiqkan or justified in the heart. The perfection of the creed is divided into four; The first is known, the second is confirmed, the third is accepted, the fourth is confirmed. Keywords: Educational Concept, Aqidah vi خالصة اٌرؼٍ١ِ ُشادف ظًذا ٌرطٛس اٌشخض "اٌ َؽ١َاِج ذَ ْؼٍِْ١َٚ ، ُُاٌرَ ْؼٍِْ١َ ُُؼ١َاجُ". فٟ اٌٛلد اٌؽاٌٟ، أطثػَاٌّعرّغَأعًَٙتفضًَاٌرمذََاٌرىٌٕٛٛظَٟعٛاءََِٓؼ١سَاالذظاالخَأَٚإٌمً،َٚتظشفَإٌظشَ ػٓ رٌه، فئْ اٌرمذَ اٌرىٌٕٛٛظٟ ٌٗ أ٠ً ضا ذأش١ش عٍثٟ ػٍٝ اٌّعرّغ، َٚاٌ١ََٛ٠ٕغَٝاٌىص١شََِٓإٌاطَ اٌؽىّحَاٌّؽٍ١حَاٌرَٟذّصًَأطاٌحَِٕطمرُٙ.َػٍَٝعث١ًَاٌّصاي،َالَ٠ؼرشفَِعرّغَاألٌف١حَاٌ١ََٛتاٌصمافحَ أَٚاٌؼاداخَوٙٛ٠حَػشل١ح،َِصًَورةَNafis Durrun-Adٚ Melayu Besar Perukunan اٌرَٟ الَذرأششَتّشٚسَاٌضِٓ.َ٠ؼرمذَاٌؼذ٠ذََِٓظ١ًَاألٌف١حَأَْدساعحَورةَاٌذسَْٚٔف١ظَٚت١شٚوٛٔاَْت١غاسَ ِال٠َٛاٌ١ََََِٟ٘ٛٓاٌطشاصَاٌمذ٠ٌَُٚ١غدَِّرؼحٌٍَذساعح، َػٍَٝاٌشغََُِٓأَْورابَاٌذسَْٚٔف١ظَ ٚت١شٚوٛٔاْ َت١غاس َِال٠َٔ ٛفغٗ َ٠ؽرٛٞ َػٍٝ َل١َٔ ُث١ٍح َراخ َطٍح َوث١شج َتاٌطثغ َفٟ َ٘زا َاٌٛلد.َ ً ِٓ خٍف١ح اٌّشىٍح أػالٖ، ؼشص اٌّؤٌف ػٍٝ اٌثؽس ٚدساعح اٌرشت١ح اٌؼم١ذ٠ح اٌرٟ ذشظغ ٚأطاللا إٌَٝأفىاسَِؽّذَٔف١ظَاٌثٕعشَٞٚػثذَاٌشش١ذَتٕعش.َتؼٕٛاَِْفََٙٛذؼٍ١َُاٌؼم١ذجََِٓٚظٙحَٔظشَِؽّذَ ٔف١ظَاٌثٕعشَٞ)خَ8181َٚ)َػثذَاٌشش١ذَتٕعشَ)خَ8391َٚ)َذٕف١زَٖفَٟلش٠حَذأعٛٔطَساظاَشّايَ الِثٛٔط. اٌثؽس َاٌزٞ َ٠غرخذِٗ َاٌّؤٌف َ٘ٛ َٔٛع َِٓ َأٔٛاع َاٌثؽس َاٌّ١ذأٟ َأٚ َِا َ٠غّٝ َتاٌثؽسَ اٌّ١ذأٟ، ََٚ٘ٛاٌثؽسَاٌزَِٞٛضٛػَِٗفََٙٛذؼٍ١َُػم١ذجَِؽّذَٔف١ظَاٌثٕعشَٞٚػثذَاٌشش١ذَتٕعاسَ ٚذٕف١ز٘اَفَٟلش٠ح َذأعٛٔطَساظاَشّايَالِثٛٔط، ََٟٚ٘أتؽازَاألٔصشٚتٌٛٛظ١اَاٌشٚؼ١ح َاٌرَٟذذسطَ اٌثششَفَٟأتؼادَُ٘اٌشٚؼ١ح،َٚاٌرَٟذرؼٍكَتاٌغٍٛنَاٌذ٠ٕٟ،َٚأٔظّحَاٌّؼشفح،َِٚعًَّاٌؽ١اجَاٌثشش٠ح.َ ٘زاَاٌثؽسَػثاسجَػَٓذؽٍ١ًَٚطفَٟ٠ٙذفَ٘زاَاٌثؽسَف١َٗإٌَٝٚطفَفشدَأَِٚٛلفَأَٚأػشاعَأَٚ ِعّٛػحَِؼ١ٕح.َٕ٘اَ٠غرخذََاٌّؤٌفَأعٍٛبَاٌّالؼظح،َشُ اٌّماتالخ،َٚأ٠ضاَاٌرٛش١كٌَٕفظَِظذسَ اٌث١أاخ. خاذّحَ٘زاَاٌثؽسََٟ٘ذٕف١زَذؼٍ١َُاٌؼم١ذجٌَّؽّذَٔف١ظَتٕعاسَٞٚػثذَاٌشش١ذَتٕعش.َذغّ١حَ . ػٕذِا ٠ؼشف اإلٔغاْ ٔفغٗ، فئْ اٌّؼرمذاخ داخً اٌشخض ِٓ خالي اٌرؼشف ػٍ١ ٗأٚ ٔفغٙا أٚالً لٍثٗ َٚػمٍٗ َعٛفَ٠خضؼاْ َهللَعثؽأٗ َٚذؼاٌٝ.َِٚٓ شُ فئْ ٘زا االػرماد ٠عؼً اإلٔغاْ ِرٛاض ًؼا ٚ٠خٍكَاالٔغعاََت١َٓإٌاطَفَٟاٌّعرّغ،َٚ٠ّىٕٕاَأَْٔشَٜرٌهََِٓخاليَاٌؽّاطَاٌىث١شَألًَ٘لش٠حَ ذأعٛٔطَساظاَفَٟاٌّشاسوحَفَٟاٌذساعاخَاٌذ٠ٕ١ح َوًَأعثٛع.َٚفَٟاٌٛلدَٔفغٗ، َ٠شَٜػثذ َاٌشش١ذَ تٕعشَأٌَٔٗىَٟ٠رّىَٓاإلٔغآََِْذٕف١زَاٌؼم١ذج ظ١ًذا ٚ٠ىْٛ لاد ًسا ػٍٝ اٌرمشب ِٓ هللا عثؽأٗ ٚذؼاٌٝ، ٠عة ػٍٝ اٌّؼٍُ أٚ اٌّششذ ذمذ٠ِ ُمذِح ِرؼّمح ٌٍؼم١ذج أٚالً، تذءا ِٓ فُٙ اٌشٙادج. ٚذٕمغُ اٌفشض١ح تاٌمٍة. ً أٚ ذغٛ٠غا ً تاٌٍغاْ، ٚاٌصأٟ: أْ ٠ىْٛ ذظذ٠ما اٌشٙادج إٌٝ لغّ١ٓ؛ األٚي: أْ ٠ىْٛ لٛالً ٚوّايَاٌؼم١ذجَ٠ٕمغَُإٌَٝأستؼح؛َفاألٚيَِؼشٚف،َٚاٌصأَِٟؤوذ،َٚاٌصاٌسَِمثٛي،َٚاٌشاتغَِؤوذ. اٌىٍّاخَاٌّفراؼ١ح:َاٌّفََٙٛاٌرشتٛٞ،َاٌؼم١ذج

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Jan 2024 07:24
Last Modified: 16 Jan 2024 08:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32033

Actions (login required)

View Item View Item