PENGARUH LITERASI LINGKUNGAN DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PADA SISWA SMP NEGERI DI KECAMATAN JATI AGUNG

FATIMAH, AZ ZAHRA (2024) PENGARUH LITERASI LINGKUNGAN DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PADA SISWA SMP NEGERI DI KECAMATAN JATI AGUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL FATIMAH AZ ZAHRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan pra-survey yang telah dilakukan, mendapatkan hasil bawah kemampuan literasi lingkungan dann literasi digital, serta kemapuan berpikir kritis berada pada taraf cukup. Hal tersebut dapat terlihat dari kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengarus literasi lingkungan terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada SMP Negeri di Kecamatan Jati Agung, pengaruh literasi digital terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada SMP Negeri di Kecamatan Jati Agung, serta pengarus literasi lingkungan dan literasi digital terhadap kemampuan berpikir kritis matematis pada SMP Negeri di Kecamatan Jati Agung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode Regresi Linier Berganda. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh siswa pada SMP Negeri di Kecamatan Jati Agung, terdapat 6 sekolah yang menjadi populasi pada penelitian ini yaitu SMP Negeri 1 Jati Agung, SMP Negeri 2 Jati Agung, SMP Negeri 3 Jati Agung, SMP Negeri Satu Atap 1 Jati Agung, SMP Negeri Satu Atap 2 Jati Agung, dan SMP Negeri Satu Atap 3 Jati Agung, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling. Teknik analisis data menggunakan Uji Regresi Linier Berganda dengan taraf signifikan a = 0,05, diperoleh nilai p-value = 0,018 pada uji literasi lingkungan terhadap kemampuan berpikir kritis, sehingga dapat dinyatakan H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara literasi lingkungan terhadap kemampuan berpikir kritis. Pada uji antara literasi digital terhadap kemampuan berpikir kritis matematis didapatkan p-value = 0,021, sehingga H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan. Berdasarkan uji F pada taraf signifikansi a = 0,05, diperoleh p-value = 0,005, sehingga H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara literasi lingkungan dan literasi digital terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Kata Kunci : Literasi Lingkungan, Literasi Digital, Berpikir Kritis Matematis iii ABSTRAC Based on the pra-survey that has been carried out, the results obtained are that environmental literacy and digital literacy skills, as well as critical thinking abilities are at a sufficient level. This can be seen from the lack of student activity in the learning process. The aim of this research is to determine the influence of environmental literacy on students' mathematical critical thinking abilities at State Middle Schools in Jati Agung District, the influence of digital literacy on students' mathematical critical thinking abilities at State Middle Schools in Jati Agung District, as well as the influence of environmental literacy and digital literacy on thinking abilities. critical mathematics at State Middle Schools in Jati Agung District. This type of research is quantitative with the Multiple Linear Regression method. The population used in this research were all students at State Middle Schools in Jati Agung District, there were 6 schools that made up the population in this study, namely State Middle School 1 Jati Agung, State Middle School 2 Jati Agung, State Middle School 3 Jati Agung, One Roof State Middle School 1 Jati Agung, One Roof State Middle School 2 Jati Agung, and One Roof State Middle School 3 Jati Agung, with a sampling technique using stratified random sampling. The data analysis technique uses the Multiple Linear Regression Test with a significance level of a = 0.05, obtained a p-value = 0.018 in the environmental literacy test on critical thinking skills, so it can be stated that H0 is rejected, which means there is a significant influence between environmental literacy on thinking skills critical. In the test between digital literacy and critical mathematical thinking skills, p-value = 0.021, so H0 is rejected, which means there is a significant influence. Based on the F test at a significance level of a = 0.05, p-value = 0.005, so H0 is rejected, which means there is a significant influence between environmental literacy and digital literacy on students' mathematical critical thinking abilities. Keywords: Environmental Literacy, Digital Literacy, Mathematical Critical Thinking

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Jan 2024 04:04
Last Modified: 16 Jan 2024 05:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32021

Actions (login required)

View Item View Item