SHALICHA, NAFILATA ERHASSA (2024) PERAN PENDIDIKAN PESANTREN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN TA'MIRUL ISLAM SURAKARTA PROVINSI JAWA TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
PERAN PENDIDIKAN PESANTREN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN TA'MIRUL ISLAM E-mail:shalichanakilataerhassa@gmail.com ABSTRAK Sebagai lembaga pendidikan Islam setiap pesantren memiliki cara yang bervariasi dalam mengembangkan sistem pendidikan yg diajarkan pendidikan pesantren dimana para santri berada dibawah bimbingan dan pengawasan pengasuh pondok menjadikan para santri terbiasa hidup dalam nilai dan etika yang harus dipatuhi nilai-nilai pondok ditanamkan pada tiap diri santri serta disiplin agar para santri terbiasa hidup dengan tata tertib. Berdasar penjelasan tersebut, maka rumusan masalah yang akan dikaji adalah “Bagaimana Peran Pendidikan Pesantren Dalam Pembentukan Karakter Di Pondok Pesantren Ta'mirul Islam Surakarta.?” Jenis penelitian yg digunakan ini adalah kualitatif yaitu penelitian yang hasilnya deskriptif,dimana data peneliti tersebut berupa kata-kata dari orang secara lisan atau perilaku yang diamati sehingga penelitian ini sifatnya harus terjun langsung ke masyarakat agar dapat menggali masalah serta hasil dari penelitian. Jadi yang dimaksud jenis penelitian deskiptif ini adalah penelitian yang menggambarkan atau memaparkan data yang diperoleh peneliti yang berkaitan dengan Peran Pendidikan Pesantren Dalam Pembentukan Karakter Di Pondok Pesantren Ta'mirul Islam Surakarta. Kata Kunci: Peran Pendidikan Pesantren Dalam Membentuk Karakter Santri Di Pondok Pesantren Ta'mirul Islam latar belakang, rumusan masalah, hasil penelitian iv ABSTRACT The Role of Islamic Boarding School Education in Shaping the Character of Santri at the Ta'mirul Islam Islamic Boarding School E�mail: shalichanakilataerhassa@gmail.com As an Islamic educational institution, each Islamic boarding school has various ways of developing the educational system taught by Islamic boarding school education where the students are under the guidance and supervision of the boarding school's caretaker, making the students accustomed to living in values and ethics that must be adhered to. The boarding school's values are instilled in each student and discipline so that students get used to living with order. Based on this explanation, the formulation of the problem to be studied is "What is the role of Islamic boarding school education in character formation at the Ta'mirul Islam Islamic boarding school in Surakarta?" The type of research used is qualitative, namely research whose results are descriptive, where the researcher's data is in the form of words from people orally or observed behavior, so this research must go directly into the community in order to explore problems and the results of the research. So what is meant by this type of descriptive research is research that describes or explains the data obtained by researchers relating to the relevance of the role of Islamic boarding school education in character formation at the Ta'mirul Islam Islamic boarding school in Surakarta. Keywords: The role of Islamic boarding school education in shaping the character of students at the Ta'mirul Islam Islamic boarding school: background, problem formulation, research results
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 03:52 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 03:52 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32018 |
Actions (login required)
View Item |