PERAN PENDIDIKAN WANITA DALAM MEMBANGUN KELUARGA SAKINAH (Studi Pada Ibu Rumah Tangga Berpendidikan Tinggi Di Metro Pusat)

Nur, Muhammad Fauzan (2024) PERAN PENDIDIKAN WANITA DALAM MEMBANGUN KELUARGA SAKINAH (Studi Pada Ibu Rumah Tangga Berpendidikan Tinggi Di Metro Pusat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of NUR Muhammad Fauzan_1821010243 UNESCO BAB 1 BAB 5 Dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of NUR Muhammad Fauzan_1821010243 UNESCO fix lagi (1).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan memegang peranan penting dalam meningkatkan kualitas diri seseorang dan reputasinya di mata masyarakat. Namun, di tengah masyarakat Metro Pusat, masih ada pandangan bahwa perempuan yang berpendidikan tinggi cenderung terfokus pada karier di ranah publik. Sebagian orang masih menganggap bahwa peran utama perempuan adalah sebagai ibu dan istri yang harus fokus pada tanggung jawab rumah tangga. Hal ini dapat mengurangi motivasi perempuan untuk mengejar pendidikan tinggi, karena adanya tekanan sosial untuk mematuhi peran tradisional mereka. Pandangan ini juga mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap perempuan yang berusaha menggabungkan peran ibu rumah tangga dengan karier, membuat mereka dianggap sebagai individu yang mandiri dan berorientasi global. Di sisi lain, idealisasi masyarakat terhadap ibu rumah tangga sukses dalam mengurus rumah tangga juga dapat memberikan tekanan tersendiri. Tingginya minat wanita dalam mengejar pendidikan, selain sebagai motivasi meraih cita-cita, juga dapat menjadi tantangan saat berada dalam hubungan pernikahan. Beberapa perempuan di Metro Pusat mungkin belum sepenuhnya menyadari pentingnya peran pendidikan tinggi dalam menjalankan peran sebagai ibu rumah tangga. Akibatnya, mereka mungkin kesulitan mengintegrasikan ilmu dan keterampilan yang mereka dapatkan untuk mendidik generasi penerus mereka dan berinteraksi secara bijak dalam kehidupan berumah tangga. Adapun persoalan yang muncul adalah? Bagaimana peran tingginya pendidikan ibu rumah tangga dalam membangun keluarga sakinah? Dan bagaimana upaya seorang ibu rumah tangga yang memiliki riwayat pendidikan tinggi dalam membangun keluarga sakinah. Dalam konteks ini, penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dan dianalisis melalui proses editing, klasifikasi, analisis, dan kesimpulan (Field Research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa seorang ibu rumah tangga dengan latar belakang pendidikan tinggi memiliki pengaruh signifikan dalam perannya membangun keluarga yang sakinah. Persepsi perempuan terhadap peran sebagai ibu rumah tangga mengalami perubahan setelah mendapatkan pendidikan, bukan hanya untuk berkarir, tetapi juga untuk membangun keluarga yang sakinah. Peran pendidikan tinggi ibu rumah tangga tercermin dalam kemampuannya dalam cara berkomunikasi dengan baik, memiliki kepercayaan diri dalam mengelola ekonomi keluarga, mendidik anak dengan penuh dedikasi, bijak, tangkas dalam menanggapi masalah, menciptakan lingkungan yang baik, menetapkan standar yang tinggi, dan merencanakan masa depan dengan baik. Kata kunci : Peran Pendidikan, Ibu Rumah Tangga, Keluarga Sakinah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:06
Last Modified: 15 Jan 2024 07:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32009

Actions (login required)

View Item View Item