TINJAUAN FIQH SIYĀSAH TERHADAP TUGAS SATUAN PERLINDUNGAN MASYARAKAT DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DESA (Studi Pekon Kotabatu Kecamatan Kotaagung Kabupaten Tanggamus)

FAQIH, HAYATAN (2024) TINJAUAN FIQH SIYĀSAH TERHADAP TUGAS SATUAN PERLINDUNGAN MASYARAKAT DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DESA (Studi Pekon Kotabatu Kecamatan Kotaagung Kabupaten Tanggamus). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPDI FAQIH HAYATAN..pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi kegiatan sosial kemasyarakatan, Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) sebagai salah satu penyelenggara ketertiban umum dan ketentraman masyarakat, dan perlindungan masyarakat, juga berperan dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, oleh karena itu efektifkah tugas yang dijalankan oleh Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) sebagaimana yang terdapat pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 26 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum Dan Ketenteraman Masyarakat Serta Perlindungan Masyarakat dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa. Mengingat dalam penyelenggaraan pemilihan Kepala Desa di Pekon Kotabatu Kecamatan Kotaagung Kabupaten Tanggamus pada waktu yang lalu terjadi konflik antar kedua pendukung calon Kepala Desa, sehingga berakibat pada kurang harmonis nya hubungan antar masyarakat di Pekon Kotabatu Kecamatan Kotaagung Kabupaten Tanggamus. Penelitian yang digunakan oleh penulis dalam kajian ini adalah penelitian secara langsung atau di sebut dengan penelitian lapangan (field research). Jenis penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dan deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun Hasil penelitian upaya Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 26 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum Dan Ketenteraman Masyarakat Serta Perlindungan Masyarakat dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa di Pekon Kotabatu Kecamatan Kotaagung Kabupaten Tanggamus sesuai dengan pasal 27 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 26 Tahun 2020 yang berlaku, berjalan baik sesuai dengan yang dibutuhkan masyarakat. Menurut Fiqh Siyāsah tugas yang sudah diberikan telah dilakukan upaya dan wewenangnya yang dijalankan dengan baik sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa yang memiliki peran penting menegakkan hukum Islam. Fiqh Siyāsah tentang upaya Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dalam penyelenggaraan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat serta perlindungan masyarakat dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa v di Pekon Kotabatu Kecamatan Kotaagung Kabupaten Tanggamus yang merupakan salah satu pedoman umat Islam berperan dalam menegakkan keadilan, ketenteraman yang ada di masyarakat, di dalam fiqh siyāsah Allah SWT memerintahkan umatnya untuk selalu taat dan patuh terhadap segala aturan serta berperilaku baik antar sesama. Kata kunci : Fiqh Siyāsah, Pemerintahan Desa, Satlinmas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jan 2024 06:32
Last Modified: 15 Jan 2024 06:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32004

Actions (login required)

View Item View Item