PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP PENGUASAAN MUFRODAT BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS IV SD S ISLAM AL-FURQON TULANG BAWANG BARAT

Choiriatul, Lutfiah (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP PENGUASAAN MUFRODAT BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS IV SD S ISLAM AL-FURQON TULANG BAWANG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of CHOIRIATUL LUTFIAH (1).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat penguasaan mufrodat dikarenakan peserta didik kurang termotivasi untuk belajar Bahasa arab dan merasa kesulitan dalam memahami dan mengingat mufrodat yang telah dipelajari karena gulrul celndelrulng melngajar selring melnggulnakan strategi yang berpusat pada guru. Guru hanya menggunakan metode ceramah untuk menyampaikan materi pembelajaran dan siswa hanya mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru serta memberikan latihan soal terkait dengan materi yang dipelajari. Serta keterbatasan penggunaan media ini salah satunya adalah penyediaan sarana dan prasarana dari sekolah yang masih kurang, sehingga media yang dipakai pada saat pembelajaran kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ―Apakah Telrdapat Pelngarulh Modell Pelmbellajaran Koopelratif Tipel Makel a Match belrbantulan meldia kartul belrgambar Telrhadap Pelngulasaan Mulfrodat Bahasa Arab Pelselrta Didik‖. Peneliti menggunakan metode kuantitatif. Jenis eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni soal tes pilihan ganda dan dokumentasi berupa kegiatan pada saat pembelajaran. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 52 peserta didik. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian diperoleh hasil uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signitifikansi 0.000. Jika nilai signifikan (2-tailed) < 0.05, maka dapat perbedaan yang signifikan antara hasil penguasaan mufrodat pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif make a match berbantuan media kartu bergambar terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penguasaan mufrodat Bahasa arab peserta didik. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Make a Match Berbantuan Media Kartu Bergambar, Penguasaan Mufrodat. iv ABSTRACT This study is motivated by the low level of mastery of mufrodat because students are less motivated to learn Arabic and find it difficult to understand and remember the mufrodat that has been learned because teachers tend to teach often using teacher-centered strategies. The teacher only uses the lecture method to convey learning material and students only listen to what is conveyed by the teacher and provide practice questions related to the material studied. As well as the limitations of using this media, one of which is the provision of facilities and infrastructure from schools that are still lacking, so that the media used during learning is less varied. This study aims to find out "Is there an Effect of Cooperative Learning Model Type Make a Match assisted by picture card media on Mastery of Arabic Mufrodat for Class IV Students ". Researchers use quantitative methods. The type of experiment used in this research is Quasy Experiment. Data collection techniques used are multiple choice test questions and documentation in the form of activities during learning. The sample in this study consisted of 2 classes with a total of 52 students. Based on the results of the analysis and discussion of the research data, the results of hypothesis testing using the t test with a significance level of 0.000. If the significant value (2-tailed) <0.05, then there is a significant difference between the results of mufrodat mastery in the experimental class and the control class. Thus it can be concluded that the cooperative learning model of make a match assisted by picture card media has a significant effect on the mastery of Arabic mufrodat of fourth grade students. Keywords: Make a Match Cooperative Learning Model Assisted by Picture Card Media, Mufrodat Mastery.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jan 2024 04:14
Last Modified: 15 Jan 2024 04:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31998

Actions (login required)

View Item View Item