IMPLEMENTASI PENANAMAN PROFIL PELAJAR PANCASILA TERHADAP PEDULI LINGKUNGAN DI SDN 01 TIUH TOHO KABUPATEN TULANG BAWANG

NOVARIA, Irianto (2024) IMPLEMENTASI PENANAMAN PROFIL PELAJAR PANCASILA TERHADAP PEDULI LINGKUNGAN DI SDN 01 TIUH TOHO KABUPATEN TULANG BAWANG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI NOVARIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi dengan implementasi penanaman profil pelajar pancasila terhadap peduli lingkungan yang ada di SDN 01 Tiuh Toho Kabupaten Tulang Bawang. Dengan demikian Pembelajaran berbasis projek kali ini berbeda dengan pembelajaran berbasis projek pada biasanya, penguatan dimensi profil pelajar pancasila yang menjadi tujuan utamanya. SDN 01 Tiuh Toho merupakan sekolah yang mengimplementasikan profil pelajar pancasila tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implemetasi Penanaman Profil Pelajar Pancasila terhadap peserta didik di SDN 01 Tiuh Toho dan dan Implementasi kepedulian peserta didik di lingkungan yang ada di SDN 01 Tiuh Toho. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yang dipilih adalah Guru kelas IV,sumber data primer berupa dari data hasil wawancara guru kelas IV sedangkan sumber data sekunder berupa dari buku dan jurnal. Tekhnik pengumpulan data dengan observasi,wawancara, dan dokumentasi.Adapun tekhnik pengumpulan data yaitu reduksi data,penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan Trianggulasi data dengan tekhnik. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa, implementasi penanaman Profil Pelajar Pancasila terhadap peserta didik di SDN 01 Tiuh Toho pada perencanaan projek penguatan profil pelajar pancasila di SDN 01Tiuh Toho melalui beberapa langkah yaitu membentuk tim fasilitator, mengidentifikasi tingkat kesiapan satuan pendidikan, menentukan dimensi, tema dan alokasi waktu, menyusun modul projek dan pada dasarnya sudah dilaksanakan dengan semaksimal mungkin walaupun terdapat kendala pada peserta didik seperti pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pancasiladi SDN 01 Tiuh Toho berdasarkan hasil observasi ternyata yang dilakukan yaitu persiapan sumber belajar, membentuk kelompok, menjelaskan projek dan menggali permasalahan di lingkungan.kemudian kendala pembiasaan peserta didik yang terdapat pada dimensi profil pelajar pancasila salah satunya terdapat kendala dalam menerapkan 3 nilai pada profil pelajar pancasila terhadap peduli lingkungan proses penerapannya seperti , tidak melaksanakan piket sesuai dengan jadwal iv yang dibuat, Membuang sampah sembarangan dan kurangnya kreatif peserta didik ketika diberikan tugas projeck dan Implementasi kepedulian peserta didik dilingkungan yang ada di SDN 01 Tiuh Toho, sebenarnya sudah berjalan dengan baik walaupun masih ada sebagian peserta didik yang membuang sampah sembarangan dan permasalahan yang menimbulkan tidak cintanya peserta didik terhadap lingkungan kelas maupun lingkungan sekolah. Kata Kunci : Profil Pelajar Pancasila, Peduli Lingkungan. v ABSTRACT This research was motivated by the implementation of planting a profile of Pancasila students towards caring for the environment at SDN 01 Tiuh Toho, Tulang Bawang Regency. Thus, project-based learning this time is different from usual project-based learning, strengthening the dimensions of the Pancasila student profile is the main goal. SDN 01 Tiuh Toho is a school that implements the Pancasila student profile. This research aims to determine the implementation of the cultivation of the Pancasila Student Profile in students at SDN 01 Tiuh Toho and the implementation of student concern in the environment at SDN 01 Tiuh Toho. This research uses a descriptive qualitative approach. The research subject chosen was a class IV teacher, the primary data source was data from interviews with class IV teachers while the secondary data source was from books and journals. Data collection techniques include observation, interviews and documentation. The data collection techniques are data reduction, data presentation and data verification. Meanwhile, data triangulation with techniques. The results of the research show that the implementation of the planting of the Pancasila Student Profile among students at SDN 01 Tiuh Toho in planning the project to strengthen the profile of Pancasila students at SDN 01 Tiuh Toho went through several steps, namely forming a facilitator team, identifying the level of readiness of the educational unit, determining dimensions, themes and allocations. time, compiling the project module and basically it has been implemented to the maximum extent possible even though there are obstacles for students, such as implementing the project to strengthen the profile of Pancasila students at SDN 01 Tiuh Toho. Based on the results of observations, it turns out that what was done was preparing learning resources, forming groups, explaining the project and exploring problems. in the environment. Then there are obstacles in students' habituation to the dimensions of the Pancasila student profile. There are obstacles in implementing the 3 dimensions of the Pancasila student profile regarding caring for the environment in the implementation process, such as not carrying out pickets according to vi the schedule made, throwing rubbish carelessly and the lack of creativity of students when given the project assignment and implementation of student care for the environment at SDN 01 Tiuh Toho, it has actually gone well even though there are still some students who throw rubbish carelessly and problems that cause students to not love the classroom and school environment. Keywords : Pancasila Student Profile, Care for the Environment.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jan 2024 03:40
Last Modified: 15 Jan 2024 04:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31995

Actions (login required)

View Item View Item