UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING MELALAUI LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMK SMTI BANDAR LAMPUNG DI ERA PANDEMI COVID 19

Muhammad, Fajarudin (2024) UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING MELALAUI LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMK SMTI BANDAR LAMPUNG DI ERA PANDEMI COVID 19. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI MUHAMMAD FAJARUDIN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK Kondisi saat ini, sebagian besar kedua orang tua bekerja sehingga perhatian terhadap anak tentu tidaklah optimal. Serta tidak ada pengawasan dari orang tua ditambah dengan masa pandemi covid 19 ini yang membuat peserta didik tidak mandiri kebanyakan mereka selalu menggunkan internet untuk mencari tahu. Hal inilah yang mempengaruhi kurangnya kemandirian belajar siswa dan perhatian siswa terhadap prestasi belajarnya di Kelas X SMK SMTI Bandar Lampung. Dzakiyah Derajat mengatakan didalam proses pembelajaran, tenaga pendidik memegang peran penting karena guru pemegang sebagai peranan atau sebagai media didalam sebuah pembelajaran, yang berarti guru atau teanaga pendidik sebagai perantara dalam usaha beruntuk memperoleh suatu tingkah laku yang membawa ke perubahan peserta didik. Keberhasilan peserta didik terhadap proses-proses belajar tergantung dari jarak jauh guru sanggup memainkan peranannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan Upaya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik ,sampel dalam penelitian ini berjumlah 4 orang peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, dokumentasi dan observasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan fenomenologis. Dengan data primer yang diperoleh langsung dari responden mengenai Upaya Guru Bimbingan Konseling Melalaui Layanan Bimbingan Belajar Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas X SMK SMTI Bandar Lampung Di Era Pandemi Covid 19, sedangkan data sekundernya diperoleh dari buku-buku yang televan berkaitan dengan judul penelitian, dokumen-dokumen resmi, dan data-data yang berkaitan dengan Upaya Guru Bimbingan Konseling Melalaui Layanan Bimbingan Belajar Dalam Meningkatkan Kemandirian iii Belajar Peserta Didik Kelas X SMK SMTI Bandar Lampung Di Era Pandemi Covid 19. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Upaya Guru Bimbingan Konseling Melalaui Layanan Bimbingan Belajar Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas X SMK SMTI Bandar Lampung Di Era Pandemi Covid 19 telah dilakukan, Guru Bimbingan Konseling melakukan layanan Bimbingan belajar setiap pertemuan memiliki tahapannya masing-masing. setelah dilakukannya pertemuan peserta didik mulai memahami tentang kemandirian belajar, dan tujuan dari kemandiria belajar Kata Kunci: Upaya, Bimbingan Belajar, Kemandirian Belajar iv ABSTRACT The current situation is that most of both parents work so attention to children is certainly not optimal. And there is no supervision from parents, coupled with the Covid 19 pandemic, this means that students are not independent, most of them always use the internet to find out. This is what influences the lack of student learning independence and students' attention to their learning achievement in Class X SMK SMTI Bandar Lampung. Dzakiyah Derajat said that in the learning process, teaching staff play an important role because teachers play a role or as media in learning, which means teachers or teaching staff act as intermediaries in an effort to obtain behavior that leads to change in students. The success of students in learning processes depends on whether the teacher is able to play their role remotely. The aim of this research is to describe the efforts of guidance and counseling teachers to increase independence student learning, the sample in this study consisted of 4 students. This research uses interview, documentation and observation data collection techniques. The method used in this research is descriptive qualitative field research using a phenomenological approach. With primary data obtained directly from respondents regarding the efforts of guidance and counseling teachers through tutoring services in increasing the learning independence of class official documents and data relating to the efforts of guidance and counseling teachers through tutoring services in increasing the learning independence of class X students at SMK SMTI Bandar Lampung in the Covid 19 pandemic era. The results of this research state that the Counseling Guidance Teacher's efforts through Tutoring Services in Increasing the Learning Independence of Class After the meeting, students began to understand learning independence and the purpose of learning independence Keywords: Effort, Tutoring, Learning Independence

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Jan 2024 08:00
Last Modified: 12 Jan 2024 08:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31991

Actions (login required)

View Item View Item