PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI MAN 1 LAMPUNG TENGAH

SISKA, PEBRIYANTI (2024) PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI MAN 1 LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI SISKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan kedisiplinan pada peserta didik di sekolah, seperti peserta didik membolos dan terlambat. Permasalahan ini terdapat pada peserta didik kelas X di MAN 1 Lampung Tengah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan konseling individu dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik kelas x di MAN 1 Lampung Tengah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan desain studi kasus, kasus dari penelitian ini terdiri dari multi kasus yang menggunakan lebih dari satu kasus. Subyek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X yang terdiri dari 5 subyek dan obyek penelitian adalah Guru BK di MAN 1 Lampung Tengah. Adapun prosedur pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) perencanaan layanan konseling individu dalam meningkatkan kedisplinan belajar peserta didik dengan cara mengumpulkan data tentang peserta didik dan guru BK menyiapkan rancangan pelaksanaan layanan (RPL) sebelum melakukan konseling individu. 2) tahapan dan Langkah-langkah konseling individu yang dilakukan oleh guru BK menggunakan beberapa tahapan antara lain, tahap awal, tahap pertengahan (tahap kerja), tahap akhir. Dan pelaksanaan layanan konseling individu terdiri dari 8 langkah, yaitu persiapan, rapport, pendekatan, pengungkapan, diagnostic, prognosis, treatment dan evaluasi tindak lanjut. Kata Kunci: Kedisiplin Belajar, Konseling Individu iv ABSTRACT This research was motivated by the existence of disciplinary problems among students at school, such as students playing truant and being late. This problem occurs in class X students at MAN 1 Central Lampung. The aim of this research is to find out how the implementation of individual counseling services improves the learning discipline of class x students at MAN 1 Central Lampung. The research method used in this research is qualitative with a case study design, the cases of this research consist of multiple cases that use more than one case. The subjects in this research were class X students consisting of 5 subjects and the research object was the guidance and counseling teacher at MAN 1 Central Lampung. The data collection procedures use interviews, observation and documentation. Based on the results of research that has been carried out: 1) planning individual counseling services to improve students' learning discipline which is carried out by guidance and counseling teachers by collecting data about students and guidance and counseling teachers preparing service implementation plans (RPL) before carrying out individual counseling. 2) the implementation of individual counseling services for BK teachers uses several stages, including initial stage, middle stage (work stage), final stage. In implementing individual counseling services, guidance and counseling teachers make students feel comfortable so they can talk about their problems openly. keywords: Learning Discipline, Individual Counseling

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Jan 2024 07:33
Last Modified: 12 Jan 2024 08:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31989

Actions (login required)

View Item View Item