PENGARUH METODE DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATA PELAJARAN FIQIH KELAS V MIN 1 LAMPUNG BARAT

Rohima, Nita (2024) PENGARUH METODE DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATA PELAJARAN FIQIH KELAS V MIN 1 LAMPUNG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI ROHIMA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pemahaman konsep dalam pembelajaran adalah suatu kemampuan yang perlu dikuasai peserta didik agar peserta didik dapat menyelesaikan berbagai permasalahan dalam mata pelajaran Fiqih. Berdasarkan hasil observasi di MIN 1 Lampung Barat masih rendah, hal ini disebabkan karena kurang terlibatnya peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Discovery Learning berbantuan media audio visual terhadap pemahaman konsep mata pelajaran Fiqih. Penelitian ini merupakan penelitian yang berjenis Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VA, VB dan kelas VC MIN 1 Lampung Barat. Teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling terpilih kelas VB sebagai kelas kontrol dan VC sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji Normalitas Kolmogorov Smirnov dan Uji Homogenitas Homogeneity Of Variances. Pengujian Hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji-t. Pengujian Hipotesis menggunakan uji-t. diperoleh nilai sig 0,001 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan analisis data hasil Post-Test yang telah dilakukan pada kelas eksperimen memperoleh rata-rata nilai 67,37 dan pada kelas kontrol memperoleh rata-rata 58,38 karena rata-rata nilai kelas eksperimen lebih > kelas kontrol maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif metode Discovery Learning berbantuan media audio visual terhadap pemahaman konsep mata pelajaran fiqih kelas V MIN 1 Lampung Barat. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Discovery Learning, Audio Visual, Pemahaman Konsep. iv ABSTRACT Understanding concepts in learning is an ability that students need to master so that students can solve various problems in Fiqh subjects. Based on the results of observations at MIN 1 West Lampung it is still low, this is due to the lack of active involvement of students in the learning process. This research was carried out with the aim of determining the effect of the Discovery Learning method assisted by audio-visual media on understanding the concepts of Fiqh subjects. This research is a Quasi Experimental Design type of research. The population in this study were classes VA, VB and class VC MIN 1 West Lampung. The sampling technique used was simple random sampling, selecting class VB as the control class and VC as the experimental class. Data collection techniques in this research are tests and documentation. The data analysis techniques used are the Kolmogorov Smirnov Normality Test and the Homogeneity of Variances Test. Hypothesis testing in this research uses the t-test. Hypothesis testing uses the t-test. If a sig value is 0.001, H0 is rejected and Ha is accepted. Based on data analysis of the Post-Test results that were carried out in the experimental class, the average score was 67.37 and the control class obtained an average of 58.38 because the average score for the experimental class was more than the control class, so it can be concluded that there is a positive influence. Discovery Learning method assisted by audio-visual media on understanding the concepts of fiqh class V MIN 1 West Lampung. Keywords: Discovery Learning Learning Method, Audio Visual, Concept Understanding.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Jan 2024 07:26
Last Modified: 12 Jan 2024 08:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31988

Actions (login required)

View Item View Item