EFEKTIVITAS SIGHAT TAKLIK TALAK DALAM MENCEGAH TERJADINY KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (Studi Kasus Di Kantor Urusan Agama Kecamatan Sukoharjo Pringsewu)

DIANA, AULIA NISA (2024) EFEKTIVITAS SIGHAT TAKLIK TALAK DALAM MENCEGAH TERJADINY KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (Studi Kasus Di Kantor Urusan Agama Kecamatan Sukoharjo Pringsewu). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVE, BAB 1, BAB 5, DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI DIANA AULIA NISA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam kehidupan rumah tangga suami dan istri kerap kali dihadapkan dengan berbagai permasalahan yang berujung cekcok yang terus menerus, akan tetapi hal itu dianggap sebuah hal yang wajar terjadi. Di satu sisi konflik yang terjadi dijadikan sebagai bumbu-bumbu dalam kehidupan keluarga. Di sisi lain, tidak sedikit masalah rumah tangga yang terjadi terus-menerus menjadi sesuatu yang dapat menyebabkan keutuhan rumah tangga terganggu, bahkan berujung pada perceraian. Tindakan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang muncul dari setiap kehidupan keluarga tidaklah bisa dielakkan. Maka dari itu pentingnya bagi pasangan yang menikah untuk mengetahui dan memahami isi dari sighat taklik taklak tersebut. Sighat taklik talak merupakan suatu perjanjian yang diucapkan oleh mempelai pria atau suami setelah akad nikah dilaksanakan. Perjanjian yang tercantum dalam akta nikah berupa janji talak yang digantungkan kepada suatu keadaan tertentu yang mungkin terjadi dimasa yang akan datang. Sighat taklik talak sebelum diucapkan oleh mempelai pria sebaiknya mempelai pria maupun mempelai wanita memahami terlebih dahulu fungsi dan makna dari sighat taklik talak tersebut agar pelaksanaannya sesuai dengan tujuan dari sighat taklik talak itu sendiri. Namun pada kenyataannya masih banyak pasangan suami istri yang tidak memahami fungsi dan makna dari sighat taklik talak tersebut sehingga sighat taklik talak hanya sekedar dibacakan setelah akad nikah namun tidak direalisasikan dalam kehidupan rumah tangga. Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana upaya KUA Kecamatan Sukoharjo dalam memberikan pemahaman mengenai sighat taklik talak kepada pasangan suami istri? dan bagaimana efektivitas terhadap sighat taklik talak dalam mencegah terjadinya KDRT? Penelitian ini termasuk jenis penelitia lapangan (field research), yang bersifat deskriptif analitik yaitu penelitian dengan mengumpulkan data-data lalu kemudian disimpulkan, sedangkan metode yang digunakan yaitu metode kalitatiff. Adapun data primer yaitu menggunakan data yang dikumpulkan dari sampel responden yaitu kepala KUA Keamatan Sukoharjo dan pasangan suami istri yang pernah berkonsultasi di KUA Kecamatan Sukoharjo mengenai KDRT. Hasil dari penelitian ini adalah KUA Kecamatan Sukoharjo sudah melakukan beberapa upaya dalam memberikan pemahaman kepada pasangan suami istri mengenai sighat taklik talak yaitu dengan memberikan materi mengenai fungsi dan makna sighat taklik talak melalui kegiatan suscatin dan melalui khutbah nikah, namun karena beberapa faktor seperti keterbatasan waktu dan sighat taklik talak yang wilayah pembahasannya masih cukup sempit sehingga hasilnya belum efektif. Sighat taklik talak dapat dikatakan tidak efektif untuk mencegah terjadinya kekerasan dalam rumah tannga karena pemahaman dan kesadaran masyarakat yang masih rendah terhadap sighat taklik talak dan dampak dari kekerasan dalam rumah tangga itu sendiri. Kata kuci: Efektivitas, Sighat Taklik Talak, Kekerasan Dalam Rumah Tangga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Jan 2024 03:58
Last Modified: 12 Jan 2024 03:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31985

Actions (login required)

View Item View Item