ANALISIS SIYASAH TANFIDZIYYAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 2 UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2022 TENTANG PEMASYARAKATAN (Studi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Martapura Sumatera Selatan)

SITI, AISYAH (2024) ANALISIS SIYASAH TANFIDZIYYAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 2 UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2022 TENTANG PEMASYARAKATAN (Studi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Martapura Sumatera Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI SITI AISYAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pembinaan narapidana di Martapura dilaksanakan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Martapura, Pelaksanaan Pembinaan terhadap narapidana berdasarkan pada Pasal 2 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 Tentang Pemasyarakatan. Lembaga Pemasyarakatan kelas IIB Martapura menjadi daerah yang dipilih karena jumlah tahanan tergolong tinggi. Selain itu juga, dikarenakan masih kurangnya kesadaran para narapidana sehingga terdapat beberapa narapidana melanggar keamanan dan ketertiban lapas. Permasalahan yang di ajukan adalah apakah metode pembinaan yang diterapkan di Lembaga Pemasyarakatan kelas IIB Martapura sudah sesuai dengan peraturan-peraturan pembinaan yang ada. Rumusan masalah dalam Penelitian ini diantaranya, Bagaimana Implementasi Pasal 2 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 Tentang Pemasyarakatan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Martapura Sumatera Selatan dan Bagaimana pandangan Siyasah Tanfidziyyah terhadap Implementasi Pasal 2 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 Tentang Pemasyarakatan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Martapura Sumatera Selatan. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mengetahui Implementasi Pasal 2 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 Tentang Pemasyarakatan. Dan untuk mengetahui pandangan Siyasah Tanfidziyyah terhadap Implementasi Pasal 2 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 Tentang Pemasyarakatan. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun data primer diperoleh langsung dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Martapura yang didukung dengan data sekunder dari Peraturan-peraturan terkait, buku, jurnal maupun literatur lain yang berkaitan. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan, pertama, Implementasi Pasal 2 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 Tentang Pemasyarakatan telah berjalan sebagaimana mestinya iii walaupun belum sepenuhnya maksimal. Hal ini dikarenakan overcapacity seperti terbatasnya ruang kegiatan serta sarana dan prasarana yang kurang memadai sehingga menjadi kendala dalam pelaksanaan program/kegiatan pembinaan narapidana. Kedua, Pandangan Siyasah Tanfidziyyah Terhadap Implementasi Pasal 2 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 Tentang Pemasyarakatan dapat dinilai telah dilaksanakan dengan konsep fiqh siyasah yang berkesesuaian dengan prinsip keadilan dalam Islam. walaupun dalam pelaksanaannya belum sepenuhnya maksimal karena adanya kendala berupa overcapacity seperti terbatasnya ruang kegiatan serta sarana dan prasarana yang kurang memadai. Tetapi lembaga pemasyarakatan sudah melaksanakan amanah sesuai hukum Islam sebagai pelaksana kewajiban penguasa dalam memberikan sanksi dan pendidikan (pembinaan) kepada para narapidana. Kata Kunci: Siyasah Tanfidziyyah, Implementasi, Pemasyarakatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Jan 2024 08:11
Last Modified: 11 Jan 2024 08:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31980

Actions (login required)

View Item View Item