PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT, ISLAMIC BRANDING DAN SERVICE EXCELLENCE TERHADAP LOYALITAS NASABAH (Studi Pada Nasabah Bank Syariah Indonesia Kcp Tanjung Karang)

Tiara, Wulandari (2024) PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT, ISLAMIC BRANDING DAN SERVICE EXCELLENCE TERHADAP LOYALITAS NASABAH (Studi Pada Nasabah Bank Syariah Indonesia Kcp Tanjung Karang). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 5, DAPUS...pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI Tiara Wulandari ...pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Loyalitas nasabah penting bagi perusahaan untuk menjamin kelangsungan hidup dalam usahanya tersebut, karena loyalitas nasabah merupakan puncak pencapaian pelaku bisnis. Dengan mendapatkan nasabah yang loyal mampu membuat peluang yang besar bagi bank untuk memperluas jaringan pemasaran dan mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Pada penelitian ini terdapat fenomena dimana terjadinya serangan cyber yang mengganggu aktivitas nasabah dan menimbulkan respon negative. Penelitian ini dimaksudkan untuk melihat bagaimana pengaruh Custumer Relationship Management, islamic branding, Service Excellence terhadap loyalitas nasabah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan penyebaran survei. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Sampel dalam penelitian ini adalah 97 responden. Adapun alat analisis yang digunakan adalah aplikasi SPSS dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa untuk variabel Customer Relathionship Management (X1) berpengaruh positif terhadap loyalitas nasabah diperoleh nilai thitung variabel Customer Relationship Management (X1) Sebesar 2,406 nilai signifikasi yaitu 0,018. Variabel Islamic Branding(X2) berpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai thitung variabel Islamic Branding (X2) sebesar 1,352 dan nilai signifikasi yaitu 0,180. Variabel Service Excellence(X3) berpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai thitung variabel Service Excellence (X3) Sebesar 1,758 dan nilai signifikasi yaitu 0,082. Selanjutnya Uji F, Crm (X1), Islamic Branding (X2) Dan Service Excellence (X3) berpengaruh Terhadap Loyalitas Nasabah (Y) dengan nilai F hitung sebesar 4.571 dengan nilai taraf signifikansi adalah 0,003. Kata Kunci: Customer Relationship Management, Islamic Branding, Service Excellence, Loyalitas Nasabah. iv ABSTRACK Customer loyalty is important for a company to ensure the survival of its business, because customer loyalty is the peak achievement of business people. By getting loyal customers, it could create great opportunities for banks to expand their marketing network and maintain the company's survival. In this research, a phenomenon occurred where a cyber attack occurred which disrupted customer activities and caused a negative response. This research is intended to see how the influence of Customer Relationship Management, Islamic branding, Service Excellence on customer loyalty. This study uses a quantitative approach. This research used a distributed survey. The data sources used in this research were primary data and secondary data. The sample in this study was 97 respondents. The analytical tool used is the SPSS application using the multiple linear regression analysis method. The results of this research showed that the Customer Relationship Management (X1) variable had a positive effect on customer loyalty. The t-count value for the Customer Relationship Management (X1) variable was 2.406, the significance value was 0.018. The Islamic Branding variable (X2) had an insignificant effect on customer loyalty with a t-count value for the Islamic Branding variable (X2) of 1.352 and a significance value of 0.180. The Service Excellence (X3) variable had an insignificant effect on customer loyalty with a t�count value of the Service Excellence (X3) variable of 1.758 and a significance value of 0.082. Furthermore, the F Test, CRM (X1), Islamic Branding (X2) and Service Excellence (X3) have an effect on Customer Loyalty (Y) with a calculated F value of 4,571 with a significance level value of 0.003. Keywords: Customer Relationship Management, Islamic Branding, Service Excellence, Customer Loyalty

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jan 2024 08:20
Last Modified: 10 Jan 2024 08:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31965

Actions (login required)

View Item View Item