TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TENTANG HAK KEPEMILIKAN BUAH SAAT JATUH TEMPO DALAM SEWA-MENYEWA LAHAN PERKEBUNAN (Studi di Desa Sukajaya Lempasing Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran)

SUIRAT, darip (2024) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TENTANG HAK KEPEMILIKAN BUAH SAAT JATUH TEMPO DALAM SEWA-MENYEWA LAHAN PERKEBUNAN (Studi di Desa Sukajaya Lempasing Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1&5+DAPUS.pdf] PDF
Download (9MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI  Munaqosah CETAK  kecil.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Sewa menyewa (ijarah) adalah transaksi atas suatu manfaat dengan adanya ganti (upah). Manfaat tersebut berupa barang, atau jasa tanpa pengalihan kepemilikan objek yang digunakan melalui pembayaran sewa. Sewa-menyewa merupakan kegiatan manusia satu dengan yang lainnya, yang sudah menjadi kebiasaan dalam masyarakat. Dengan demikian adanya saling membutuhkan antara penyewa dan yang menyewakan. berakhirnya sewa-menyewa terjadi apabila waktu yang ditentukan telah berakhir. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik sewa menyewa lahan perkebunan di Desa Sukajaya Lempasing dan bagaimana tinjauan hukum ekonomi syariah tentang hak kepemilikan buah saat jatuh tempo dalam sewa�menyewa lahan perkebunan di Desa Sukajaya Lempasing Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik sewa menyewa lahan perkebunan yang ada di Desa Sukajaya Lempasing dan mengetahui pandangan hukum Islam tentang hak kepemilikan buah saat jatuh tempo sewa menyewa lahan perkebunan di Desa Sukajaya Lempasing kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) data primer diperoleh dari hasil wawancara, hasil observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara kualitatif. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis. Pada penelitian ini sumber data dibagi menjadi dua yakni data primer dan data sekunder. Teknik pengolahan data yang digunakan peneliti yaitu editing, organizing dan systemizing. Dan setelah diperoleh data melalui alat pengumpulan data diatas, maka akan dilakukan analisis deskriptif terhadap data tersebut. iv Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan sewa�menyewa lahan perkebunan di Desa Sukajaya Lempasing Kecamatan Teluk Pandan dilakukan secara tahunan. pihak penyewa menyerahkan uang sewa sesuai dengan kesepakatan antara keduanya. penyewa mengambil manfaat saat sudah jatuh tempo yang seharusnya manfaat itu kembali kepada pemilik lahan perkebunan. Pelaksanaan sewa-menyewa lahan perkebunan di Desa Sukajaya Lempasing tidak sesuai dengan ketentuan hukum Islam yaitu berakhirnya sewa dan berakhirnya akad. Kata Kunci: Ijarah, berakhirnya sewa-menyewa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jan 2024 08:05
Last Modified: 10 Jan 2024 08:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31963

Actions (login required)

View Item View Item