KOMODIFIKASI BUSANA MUSLIMAH DALAM PENGUATAN IDENTITAS MAHASISWI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG

ALDI, FIRIANSYAH (2024) KOMODIFIKASI BUSANA MUSLIMAH DALAM PENGUATAN IDENTITAS MAHASISWI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&5 NEW.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Komodifikasi Agama kerap sekali dijadikan alat untuk mencapai kepuasan, komodifikasi agama antara lain: kampanye politik, sebagai control social, bank syariah, dan lainnya dalam artian agama dijadikan alat untuk mencapai keuntungan, dalam penelitian ini, peneliti focus kepada pembahasan tentang busana Muslimah. Busana muslimah kini sedang menjadi trend di kalangan masyarakat.Hal ini ditandai dengan euphoria masyarakat muslim, khususnya kaum wanita yang semakin senang mengkonsumsi produk busana muslim..Hal tersebut menimbulkan banyak permintaan konsumen pada busana muslim sehingga para produsen banyak bermunculan. busana yang sekarang digunakan oleh kebanyakan kalangan Muslimah tidak sesuai dengan anjuran yang diperintahkan oleh allah swt dengan menutup, selain daripada itu pengguna tidak memahami fungsi busana Muslimah sebagai apa sehingga terjadi kekeliruan dalam menggenakannya ada yang hanya berpatokan tidak ingin ketinggalan trend. Hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan busana muslimah di prodi KPI angkatan 2020 kelas C belum seutuhnya menjalankan syariat sesuai ajaran islam, agama sekarang digunakan sebagai salah satu jalur perekonomian/perdagangan yang digunakan untuk meraih keuntungan yang sebesar besarnya dengan memperkenalkan busana Muslimah kepada masyarakat yang terpengaruh oleh arus trend busana Muslimah dan terkena dampak dari komodifikasi. Kata kunci: Komodifikasi, Trend, Busana, Muslimah. iii ABSTRACT Commodification of Religion is often used as a tool to achieve satisfaction, commodification of religion includes: political campaigns, as social control, sharia banking, and others in the sense that religion is used as a tool to achieve profit. In Muslim women's fashion is now becoming a trend among society. This is marked by the euphoria of the Muslim community, especially women who increasingly enjoy consuming Muslim fashion products. This has created a lot of consumer demand for Muslim clothing so that many manufacturers have emerged. The clothing that is currently worn by most Muslim women is not in accordance with the recommendations ordered by Allah SWT, apart from that, users do not understand the function of Muslim women's clothing so that mistakes occur in wearing it, some are just based on not wanting to be left behind the trend. this research, the researcher focuses on discussing Muslim women's clothing. From the results of the research, it can be concluded that the use of Muslim women's clothing in the 2020 class C KPI study program has not fully implemented the Shari'a according to Islamic teachings, religion is now used as an economic/trade channel used to gain large profits by introducing Muslim women's clothing to the affected community. by the current trend of Muslim women's fashion and affected by commodification. Keywords: Commodification, Trend, Clothing, Muslimah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jan 2024 07:48
Last Modified: 10 Jan 2024 07:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31960

Actions (login required)

View Item View Item