PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD N 3 TANJUNG RATU

DESMA, FITRI YANA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD N 3 TANJUNG RATU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI DESMA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Matematika merupakan pelajaran yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan yang didapat dengan berpikir. Pendidik matematika harus bias mengkomunikasikan pengetahuannya, mengajak peserta didik untuk aktif dan kritis dalam pelajaran serta dapat berinteraksi kepada sesama peserta didik, agar tercapainya tujuan pembelajaran. Kesulitan peserta didik mengungkapkan ide-ide ataupun gagasan suatu pendapat kurangnya model pembelajaran yang menarik, aktif, dan inovatif membut peserta didik kurang mampu dalam menyelesaikan soal-soal dan kurang aktif dalam proses pembelajaran dikelas Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Open Ended terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran matematika kelas V SD N 3 Tanjung Ratu. Metode Penelitian yang digunakan adalag Quasy Experiman dengan desain posttest-Only Control Group.Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas V SD N 3 Tanjung Ratu. Teknik pengambilan Sampel menggunakan non Probability Sampling dengan sampel kelas V A sebagai Kelas kontrol dan kelas V B sebagai kelas Eksperimen.Instrumen yang digunakan adalah instrument tes berupa soal Essay yakni berupa Postest untuk mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hasil penelitian diperoleh nilai p-value = 0,000. Artinya nilai p – value = 0,001 < α = 0,05, Sehingga H0 tolak dan H1 diterima, maka dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Open Ended terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran matematika pada materi pecahan. Kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran matematika peserta didik menggunakan model pembelajaran Open Ended berpengaruh dibandingkan kemampuan berpikir kritis matematika peserta didik menggunakan model pembelajaran Problem solving. Kata Kunci: Model Pembelajaran Open Ended, Kemampuan Berpikir Kritis, Mata Pelajaran Matematika iv ABSTRACT Mathematics is a lesson related to knowledge obtained by thinking. Mathematics educators must be able to communicate their knowledge, invite students to be active and critical in lessons and be able to interact with fellow students, so that learning objectives are achieved. persuading students to express ideas or ideas, an interesting, active and innovative learning model but students are less able to solve questions and are less active in the learning process in class. The aim of this research is to determine the effect of the Open Ended learning model on thinking abilities critical in class V mathematics subjects at SD N 3 Tanjung Ratu. The research method used was Quasy Experiment with a posttest-Only Control Group design. The population in this study was all class V at SD N 3 Tanjung Ratu. The sampling technique uses non-probability sampling with samples from class V A as the control class and class V B as the experimental class. The instrument used is a test instrument in the form of Essay questions, namely in the form of a Posttest to measure students' critical thinking abilities. The research results obtained a p-value = 0.000. This means that the p value = 0.001 < α = 0.05, so that H0 is rejected and H1 is accepted, it can be concluded that there is an influence of the Open Ended learning model on students' critical thinking abilities in mathematics subjects regarding fractions. Students' critical thinking abilities in mathematics subjects using the Open Ended learning model are more influential than students' critical thinking abilities in mathematics using the Problem Solving learning model. Keywords: Open Ended Learning Model, Critical Thinking Skills, Mathematics Subjects

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jan 2024 06:56
Last Modified: 10 Jan 2024 10:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31957

Actions (login required)

View Item View Item