ANALISIS SARANA DAN INTENSITAS PENGGUNAAN LABORATORIUM BIOLOGI SERTA KONTRIBUSINYA TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS XI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA SWASTA SEKOTA BANDAR LAMPUNG

Diana, Rika (2018) ANALISIS SARANA DAN INTENSITAS PENGGUNAAN LABORATORIUM BIOLOGI SERTA KONTRIBUSINYA TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS XI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA SWASTA SEKOTA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (2MB)

Abstract

Masalah yang terjadi dilapangan adalah laboratorium biologi belum memadai baik dari segi pengelolaan, administrasi, serta alat bahan. Oleh karena itu perlu adanya laboratorium yang memadai agar pelaksanaan pembelajaran yang memerlukan laboratorium biologi tempat praktek dapat berjalan maksimal dan kompetensinya tercapai. Penelitian bertujuan untuk mengetahui profil kondisi sarana dan prasarana laboratorium dan intensitas penggunaan laboratorium biologi dalam menunjang pembelajaran biologi. Serta mengetahui Hubungan sarana laboratorium terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriftif dengan metode kualitatif. Penelitian ini dilakukan disekolah SMA Swasta Sekota Bandar Lampung. Sampel penelitian adalah empat (4) sekolah di Bandar Lampung, pengambilan sampel dilakukan dengan tekhnik Purposive Sampling. Subjek penelitian adalah guru, pengurus laboratorium serta siswa kelas XI di SMA Swasta Sekota Bandar Lampung. Fokus penelitian ini adalah tata ruang laboratorium, administrasi laboratorium, pengelolaan laboratorium dan kelengkapan alat dan bahan. Serta hasil belajar siswa kelas XI pada nilai ulangan tengah semester (UTS) Tahun Ajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa laboratorium biologi belum sesuai Permendiknas No 24 tahun 2007, hal ini menunjukan media pendidikan dikategorikan kurang baik (54%), alat dan bahan praktikum belum memadai, sehingga praktikum tidak terlaksana akibat keterbatasan alat dan bahan. Intensitas penggunaan laboratorium sebagian sudah maksimal sebagian belum, dikarenakan laboratorium masih tergabung dengan laboratorium IPA lainnya sehingga penggunaan laboratorium sering berbenturan dan kekurangan waktu dalam kegiatan praktikum. sehingga pemanfaatan laboratorium kurang optimal dan tidak berjalan dengan baik dan hal inilah yang menjadi dampak kontribusi hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Drs Elzondry Azly
Date Deposited: 14 Feb 2018 04:36
Last Modified: 14 Feb 2018 04:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3195

Actions (login required)

View Item View Item