PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTS MIFTAHUL ULUM BANDAR LAMPUNG

ROSA, MURTI LUSIANA (2024) PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTS MIFTAHUL ULUM BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mendeskripsikan tentang pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik modeling dalam meningkatkan motivasi belajar.permasalahan pada penelitian ini terkait dengan motivasi belajar peserta didik yang rendah sehingga hal ini bisa berdampak pada penurunan prestasi pada peserta didik.Penurunan motivasi belajar peserta didik disebabkan sulit mengontrol diri dalam menggunakan handphone sehingga menggunakannya sampa larut malam, rasa malas yang tinggi, dan sulit mengatur waktu. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif, dengan desain studi kasus.Prosedur pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Partisipan pada penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling MTs Miftahul Ulum Bandar Lampung serta 8 peserta didik yang mengalami permasalahan rendahnya motivasi belajar. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa dalam pelaksanaan layanan konseling kelompok guru bimbingan dan konseling di Mts Miftahul Ulum Bandar Lampung menerapkan konseling kelompok dengan 4 tahap yaitu tahap awal, tahap peralihan, tahap kegiatan dan tahap akhir. Kemudian pada pelaksanaan konseling kelompok guru bimbingan dan konseling juga menerapkan teknik modelling dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di Mts Miftahul Ulum Bandar Lampung dengan langkah-langkah Rasional, Memberi Contoh, Praktek/ latihan dan Evaluasi. Kata Kunci : Konseling Kelompok, Modelling, Motivasi Belajar iv ABSTRACT This research describes the implementation of group counseling services using modeling techniques to increase learning motivation. The problem in this research is related to students' low learning motivation so this can have an impact on reducing student achievement. The decline in students' learning motivation is due to difficulty controlling themselves when using cellphones so they use them late at night, high levels of laziness, and difficulty managing time. This research is a type of qualitative research, with a case study design. Data collection procedures use observation, interviews and documentation methods. Participants in this research were guidance and counseling teachers at MTs Miftahul Ulum Bandar Lampung and 8 students who experienced problems of low learning motivation. The results of this research show that in implementing group counseling services, guidance and counseling teachers at Mts Miftahul Ulum Bandar Lampung implement group counseling with 4 stages, namely the initial stage, transition stage, activity stage and final stage. Then, during the implementation of group counseling, the guidance and counseling teachers also applied modeling techniques to increase students' learning motivation at Mts Miftahul Ulum Bandar Lampung with the following stepsRational, Give examples, Practice/exercise. and Evaluation. Keywords: Group Counseling, Modeling, Learning Motivation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jan 2024 03:19
Last Modified: 10 Jan 2024 03:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31949

Actions (login required)

View Item View Item