IMPLEMENTASI PASAL 17 AYAT (1) PERATURAN DAERAH KOTA BANDAR LAMPUNG NOMOR 07 TAHUN 2011 TENTANG RETRIBUSI PERIZINAN TERTENTU PERSPEKTIF SIYASAH SYAR’IYAH (Studi pada Pemancingan Telaga Pulau Sari, Perumnas Way Kandis Kota Bandar Lampung)

FIRMANSYAH, BAKRI (2024) IMPLEMENTASI PASAL 17 AYAT (1) PERATURAN DAERAH KOTA BANDAR LAMPUNG NOMOR 07 TAHUN 2011 TENTANG RETRIBUSI PERIZINAN TERTENTU PERSPEKTIF SIYASAH SYAR’IYAH (Studi pada Pemancingan Telaga Pulau Sari, Perumnas Way Kandis Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FIRMANSYAH BAKRI...pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Sebuah ide usaha dapat dikatakan layak apabila usaha tersebut dapat mendatangkan manfaat yang lebih besar bagi semua pihak (Stake Holder) dibandingkan dampak negatif yang ditimbulkan. Usaha kolam pemancingan Telaga Pulau Sari yang terdapat di Kelurahan Way Kandis kecamatan Tanjung Senang Kota Bandar Lampung tergolong dalam kelompok usaha, perusahaan dan industri yang memiliki intensitas dampak dan gangguan. Pemancingan ini mengakibatkan gangguan bagi masyarakat sekitarnya, seperti keramaian, parkir di sembarang tempat dan limbah kecil Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Implementasi Implementasi Pasal 17 Ayat (1) Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung Nomor 07 Tahun 2011 Tentang Retribusi Perizinan Tertentu di Pemancingan Telaga Pulau Sari Perumnas Way Kandis Kota Bandar Lampung ? (2) Bagaimana Pengimplementasian Pasal 17 Ayat (1) Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung Nomor 07 Tahun 2011 Tentang Retribusi Perizinan Tertentu di Pemancingan Telaga Pulau Sari Perumnas Way Kandis Kota Bandar Lampung dalam Perspektif Siyasah Syar’iyah? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menetahui bagaimana pelaksanaan perda no. 07 tahun 2011 tentang Retribusi Izin Tertentu dan bagaimana hukum Islam memandang permasalah tentang adanya gangguan yang diakibatkan oleh usah tertentu, dalam hal ini pemancingan Telaga Pulau Sari. Penelitian dilakukan ini berupa penelitian lapangan (field research). Penelitian ini juga menggunakan penelitian kepustakaan (Library Research) sebagai pendukung, dan disajikan secara deskriptif. Pengumpulan data akan diakukan dengan menggunakan metode Observasi, Wawancara, Dokumentasi. langkah selanjutnya adalah mengambil kesimpulan dari data yang telah terkumpul Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa Implementasi Pasal 17 Ayat (1) Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung Nomor 07 Tahun 2011 Tentang Retribusi Perizinan Tertentu iii belum terlaksana dengan baik di Pemancingan Telaga Pulau Sari Perumnas Way Kandis Kota Bandar Lampung dan Implementasi Pasal 17 Ayat (1) Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung Nomor 07 Tahun 2011 Tentang Retribusi Perizinan Tertentu di Pemancingan Telaga Pulau Sari Perumnas Way Kandis Kota Bandar Lampung belum sesuai dengan perinsif-prinsif Islam karena seharusnya dalam berniaga atau mendirikan usaha harus mengedepankan prinsif-prinsif kemaslahatan bersama. Penulis juga berpandangan bahwa perda ini sangat diperlukan. Tujuan perda ini untuk menertibkan kehidupan bermasyarakat juga mengajarkan masyarakat untuk taat dalam mematuhi peraturan yang di buat oleh negara dalam upaya menciptakan kesejahteraan masyarakat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jan 2024 02:56
Last Modified: 10 Jan 2024 03:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31948

Actions (login required)

View Item View Item