EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL GOOGLE MEET SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH SMA MUHAMMADIYAH 2 KARANG TENGAH OKU TIMUR SUMATERA SELATAN

Novia, Melania (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL GOOGLE MEET SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH SMA MUHAMMADIYAH 2 KARANG TENGAH OKU TIMUR SUMATERA SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS..pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Adapun permasalahan penelitian ini adalah bersifat positif dimana peneliti bertujuan ingin menganalisis tentang efektivitas penggunaan media sosial Google Meet sebagai sarana pembelajaran PAI di sekolah SMA Muhammadiyah 2 Karang Tengah Oku Timur Sumatera Selatan. Penelitian ini bersifat deskriptif yang dianalisa secara kualitatif yang termasuk kedalam jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data dari penelitian diperoleh dari teknik wawancara, observasi, dokumentasi.Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verification. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Penyebaran virus covid-19 yang sangat cepat mengharuskan seluruh pembelajaran beralih dari pembelajaran secara tatap muka (luring) menjadi ke pembelajaran online (daring) untuk memutus rantai penyebaran virus tersebut. Pembelajaran daring tidak sepenuhnya berjalan dengan efektiv dikarenakan keterbatasan sinyal dan ketersediaan media yang mendukung. Tidak semua pendidik dan peserta didik memiliki pemahaman dalam menggunakan mobile digital. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan dalam pembelajaran jarak jauh adalah Google Meet. Aplikasi Google Meet menyediakan fitur yang mendukung pelaksanaan pembelajaran secara daring dan penggunaan kuota internet yang lebih efisien atau lebih stabil. Hal tersebut tentunya memudahkan peserta didik untuk mengakses Google Meet dibandingkan dengan media platform lainnya. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa Efektivitas Penggunaan Media Sosial Google Meet Sebagai Sarana Pembelajaran PAI cukup efektif. Google Meet memungkinkan pendidik dan peserta didik dapat berinteraksi secara visual dan audio dalam skala kecil maupun besar. Aplikasi Google Meet juga menyediakan fitur yang mendukung pelaksanaan pembelajaran secara daring. Google Meet membuat pendidik (guru maupun dosen) lebih mudah dalam menyampaikan materi pembelajaran dan membuat suasana kelas yang aktif berinteraksi dan berdiskusi dengan pendidik. Google Meet bersifat gratis dan pengguna kuota internet yang lebih efisien atau lebih stabil. Hal tersebut tentunya memudahkan peserta didik (siswa iv maupun mahasiswa) untuk mengakses Google Meet sebagai media pembelajaran daring selama pandemic Covid-19 bahkan hingga saat ini meski pembelajaran sudah bisa dilakukan secara tatap muka, aplikasi google meet masih banyak dan efektif digunakan, baik ditingkat SD,SMP,SMA, sampai keperguruan tinggi. v ABSTRACT The problem of this research is positive in nature where the researcher aims to analyze the effectiveness of using Google Meet social media as a means of learning PAI at SMA Muhammadiyah 2 Karang Tengah Oku Timur South Sumatra. This research is descriptive in nature which is analyzed qualitatively and is included in the type of field research. Data sources from the research were obtained from interview techniques, observation, documentation. Data analysis was carried out by means of data reduction, data presentation and verification. Meanwhile, data validity techniques use triangulation techniques. The very fast spread of the Covid-19 virus requires all learning to shift from face-to-face learning to online learning to break the chain of spread of the virus. Online learning does not run completely effectively due to limited signals and availability of supporting media. Not all educators and students have an understanding of using mobile digital. One application that can be used in distance learning is Google Meet. The Google Meet application provides features that support the implementation of online learning and more efficient or more stable use of internet quota. This certainly makes it easier for students to access Google Meet compared to other media platforms. The results of this research show that the effectiveness of using Google Meet social media as a PAI learning tool is quite effective. Google Meet allows educators and students to interact visually and audio on a small or large scale. The Google Meet application also provides features that support online learning. Google Meet makes it easier for educators (teachers and lecturers) to deliver learning material and creates a class atmosphere that actively interacts and discusses with educators. Google Meet is free and uses internet quota which is more efficient or more stable. This certainly makes it easier for students (pupils and university students) to access Google Meet as an online learning medium during the Covid-19 pandemic. Even now, even though learning can be done face-to-face, the Google Meet application is still widely and effectively used, both at vi elementary and elementary school levels. Middle school, high school, up to college.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jan 2024 08:09
Last Modified: 09 Jan 2024 08:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31943

Actions (login required)

View Item View Item