IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN PJOK PADA PESERTA DIDIK DI KELAS V MIT MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG

MUHAMMAD, SYAMSUL MA’ARIF (2024) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN PJOK PADA PESERTA DIDIK DI KELAS V MIT MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 2 dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI SYAMSUL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran apa yang dipakai oleh guru mata pelajaran PJOK kepada para peserta didik kelas V MIT Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Subyek dalam penelitian ini adalah guru PJOK kelas V dan peserta didik kelas V MIT Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah kualitatif. Metode kualitatif penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi objek alamiah, dimana peneliti adalah instrument kunci, Teknik pengumpulan data, data hasil penelitian dapat diketahui secara jelas dari analisis deskriptif berupa kata-kata secara tertulis atau lisan. Dari orang-orang dan perilakuu yang diamati. Penelitian ini mengau pada implementai strategi pembelajaran PJOK pada peserta didik kelas V MIT Muhmmadiyah Sukarame Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa guru mata pelajaran PJOK kelas V MIT Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung menggunakan strategi pembelajaran yang baik disesuaikan denngan situasi saat mengajar dilapangan maupun dikelas. Strategi yang digunakan adalah strategi pembelajara langsung dan strategi pembelajaran tidak langsung. Strategi pembelajaran langsung merupakan guru yang menjadi fasilitator dalam kegiatan pembelajaran untuk membantu siswa dalam menemukan innformasi baru terkait materi yang dipelajarinya, namun strategi pembelajaran tersebut disesuaikan dengan kondisi pembelajaran apakah di dalam kelas atau di lapangan. Strategi pembelajaran tidak langsung merupakan strategi pembelajaran dimana guru berubah peran menjadi fasilitator dan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada siswa untuk berkembang. Strategi pembelajaran tidak langsung bersifat inkuiri, induktif, pemecahan masalah dan penemuan. Dalam standar penilaan terdapat tiga aspek, yakni perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan, dalam hasil observasi diketahui bahwa guru sudah melaksanakan standar yang ada. Dan dalam strategi pembeleajaran guru iv menggunakan penilaian sebagai acuan pada pembelajaran PJOK untuk mengetahui apakah strategi pembelajarann yang telah dilakukan telah berhasil atau belum. Untuk penilaian aspek afektif dan psikomotorik guru mengamati pada saat praktik dilakukan peserta didik di lapangan. Dalam penilaian kognitif guru menngunakan tes tertulis, tes lisan dan penugasan. Penilaian pada pembelajaran PJOK kelas V mencakup penilaian afektif, kognitif dan psikomotorik, dimana guru telah memahami penilaian tersebut. Dan kendala pada pembelajaran PJOK di kelas V MIT Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung adalah kurangnya sarana dan prasarana dari sekolah, sehingga pada pembelajaran belum maksimal meskipun strategi pembelajaran sudah dilakukan dengan sebaik mungkin. Kata Kunci : implementasi strategi pembelajaran PJO v ABSTRACT This study aims to find out what learning strategies are used by PJOK subject teachers to class V students of MIT Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. The subjects in this study were class V PJOK teachers and class V students of MIT Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. The type of research used by researchers in this study is qualitative. Qualitative research methods based on the philosophy of postpositivism, are used to examine the conditions of natural objects, where researchers are key instruments, data collection techniques, research data can be clearly known from descriptive analysis in the form of written or oral words. From the people and behaviors observed. This research focuses on the implementation of PJOK learning strategies for grade V students of MIT Muhmmadiyah Sukarame Bandar Lampung. The data collection techniques used were observation, interviews and documentation. The results of this study stated that teachers of class V PJOK subjects MIT Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung use learning strategies that are well adapted to the situation when teaching in the field and in class. The strategies used are direct learning strategies and indirect learning strategies. Direct learning strategies are teachers who become facilitators in learning activities to help students find new information related to the material they learn, but the learning strategy is adjusted to learning conditions whether in the classroom or in the field. Indirect learning strategy is a learning strategy where the teacher changes role to become a facilitator and provides the widest possible opportunity for students to develop. Indirect learning strategies are inquiry, inductive, problem�solving and discovery. In the assessment standard, there are three aspects, namely planning, implementation and reporting, in the observation results it is known that the teacher has implemented the existing standards. And in the learning strategy, teachers use assessment as a reference for PJOK learning to find out whether the learning strategy that has been done has been successful or not. For the assessment of affective and psychomotor aspects, teachers observe when practice is carried out by learners in the field. In cognitive vi assessment, teachers use written tests, oral tests and assignments. Assessment in class V PJOK learning includes affective, cognitive and psychomotor assessments, where the teacher has understood the assessment. And the obstacle to learning PJOK in class V MIT Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung is the lack of facilities and infrastructure from schools, so that learning has not been maximized even though the learning strategy has been done as well as possible. Keywords: implementation of PJOK learning strategy

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jan 2024 08:01
Last Modified: 09 Jan 2024 08:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31942

Actions (login required)

View Item View Item