IMPLEMENTASI METODE TAKRIR DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN SISWA KELAS VII DI MTS DAARUL QUR’AN AL-ISLAMIYAH KALIANDA LAMPUNG SELATAN

Marisa, Tiara Putri (2024) IMPLEMENTASI METODE TAKRIR DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN SISWA KELAS VII DI MTS DAARUL QUR’AN AL-ISLAMIYAH KALIANDA LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI Marisa Tiara Putri.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI METODE TAKRIR DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN SISWA KELAS VII DI MTS DAARUL QUR’AN AL-ISLAMIYAH KALIANDA LAMPUNG SELATAN Permasalahan yang ada dalam penelitian ini bahwasannya banyak peserta didik yang masih belum memenuhi target dalam menghafal. Hal yang membuat peserta didik tidak dapat memenuhi target hafalan dikarena dua faktor yang pertama karena malas dan yang kedua dikarenakan kurangnya kemampuan daya ingat peserta didik. Adapun tujuan penelitian ini adalah : Untuk mengetahui bagaimana mengimplementasikan metode takrir untuk meningkatkan hafalan al-Qur‘an siswa kelas VII di MTs Daarul Qur‘an Al-Islamiyah Kalianda Lampung Selatan.; Untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kelemahan dalam mengimplementasikan metode takrair dalam mengingkatkan hafalan siswa kelas VII di MTs Daarul Qur‘an Al�Islamiyah Kalianda Lampung Selatan; Untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah mengimplementasikan metode takrir di MTs Daarul Qur‘an Al-Islamiyah Kalianda Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bertempatkan di MTs Daarul Qur‘an Al-Islamiyah Kalianda Lampung Selatan. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode pengumpulan data yang meliputi metode observasi, dokumentasi, dan wawancara, serta analisis data dilakukan dengan reduksi data, data display, setelah data terkumpul ditariklah kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini bahwa implementasi metode takrir dalam meningkatkan hafala al-Qur‘an siswa kelas VII dilakukan dengan tiga cara yaitu Takrir Hafalan Sendir, Takrir Secara Bersama�sama, Takrir Hafalan dalam Shalat. Kelebihan dari diterapkannya metode takrir ini siswa tidak mudah lupa dengan hafalannya dan bisa meningkatkan daya ingat siswa. Adapun kelemahannya yaitu membutuhkan waktu yang lama dan menyebabkan semangat siswa untuk menghafal menurun. Langkah-langkah menerapkan metode takrir ini yaitu peserta didik menentukan surat yang akan dihafal. Setelah menentukan surat yang akan dihafal, peserta didik mulai iii menghafal ayat per ayat dengan cara membaca ayat yang hendak dihafalkan dengan melihat mushaf. Selanjutnya, peserta didik membaca ayat tersebut dengan cara memejamkan mata dan sesekali melihat al-Qur‘an untuk mengetahui apakah bacaannya tepat sebanyak 10 kali juga. Selanjutnya peserta didik membaca ayat tersebut dengan cara memejamkan mata, dan tidak melihat al-Qur‘an dengan berkonsentrasi penuh. Kemudian peserta didik membaca ayat tersebut dengan mata terbuka dan tanpa melihat al-Qur‘an sebanyak sepuluh kali. Selanjutnya peserta didik membaca ayat tersebut dengan cara memejamkan mata, dan tidak melihat al-Qur‘an dengan berkonsentrasi penuh. Kemudian peserta didik membaca ayat tersebut dengan mata terbuka dan tanpa melihat al-Qur‘an sebanyak sepuluh kali. Kata Kunci : Metode Takrir, Menghafal Al-Qur’an iv ABSTRACT Implementation Of The Takrir Method In Improving Memory Al-Qur’an Class VII Students Of MTS Daarul Qur’an Al-Islamiyah Kalianda Lampung Selatan The problem of this research is that many students still have not met their targets in memorizing. The thing that makes students unable to meet their memorization targets is due to two factors, the first is laziness and the second is due to students' lack of memory ability. The aims of this research are: To find out how to implement the takrir method to improve memorization of the Qur'an for class VII students at MTs Daarul Qur'an Al-Islamiyah Kalianda, South Lampung; To find out what the advantages and disadvantages are in implementing the takrir method in increasing the memorization of class VII students at MTs Daarul Qur'an Al-Islamiyah Kalianda, South Lampung; To find out the steps to implement the takrir method at MTs Daarul Qur'an Al-Islamiyah Kalianda, South Lampung. This research used qualitative methods which took place at MTs Daarul Qur'an Al-Islamiyah Kalianda, South Lampung. In collecting data the author used data collection methods which included observation, documentation and interview methods, as well as data analysis carried out by data reduction, data display, after the data was collected conclusions were drawn. Data validity techniques use triangulation of sources and techniques. The results of this research are that the implementation of the takrir method in improving the memorization of the Qur'an for class VII students is carried out in three ways, namely Takrir Memorizing Alone. Collective Tikrar, Memorized Takrir in Prayer. The advantage of implementing the takrir method is that students do not easily forget what they memorize and can improve students' memory. The weakness is that it takes a long time and causes students' enthusiasm to memorize to decrease. The steps for implementing this takrir method are that students determine the letter they will memorize. After determining the letter to be memorized, students begin to memorize verse by verse by reading the verse they want to memorize by looking at the mushaf. Next, students read the verse by closing their eyes and occasionally looking at the Koran to find out whether v the reading is correct 10 times. Next, students read the verse by closing their eyes, and not looking at the Koran with full concentration. Then students read the verse with their eyes open and without looking at the Koran ten times. Next, students read the verse by closing their eyes, and not looking at the Koran with full concentration. Then students read the verse with their eyes open and without looking at the Koran ten times. Keywords: Takrir Method, Memorizing Al-Qur'an

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jan 2024 07:55
Last Modified: 09 Jan 2024 08:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31941

Actions (login required)

View Item View Item