PENGARUHSELF SERVICE TECNOLOGY TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABELINTERVENING (Studi Pada Nasabah Bank Syariah Indonesia KCP TanjungKarang)

Nadia, Ely Saputri (2024) PENGARUHSELF SERVICE TECNOLOGY TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABELINTERVENING (Studi Pada Nasabah Bank Syariah Indonesia KCP TanjungKarang). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi Nadia Ely Saputri.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Self Service Technology (SST) merupakan teknologi yang memungkinkan nasabah untuk bertransaksi ataupun melakukan pelayanan secara mandiri tanpa tergantung pada karyawan, pada dunia perbankan layanan Self Service Technology yang dapat digunakan nasabah yaitu Mobile Banking guna mempermudah nasabah,namun pemahaman tentang mempertahankan nasabah dan kepuasan nasabah dalam konteks seperti itu terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Self Service Technology terhadap loyalitas nasabah dengan kepuasan nasabah sebagai variabel intervening.Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner pada nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Tanjung Karang yang menggunakan layanan Self Service Technology.Teknik sampling penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 280 responden.Metode analisis data dilakukan dengan uji normalitas dan uji koefisien determinasi (R2) dengan alat analisis yaitu skala likert. Hasil penelitian menunjukkan menunjukan bahwa semakin baik kualitas layanan yang diberikan oleh pihak bank kepada nasabah maka akan semakin tinggi juga tingkat kepuasan nasabah terhadap layanan mobile banking yang diberikan,sehingga Ketika nasabah merasa puas terhadap layanan yang diberikan akan menimbulkan sikap loyalitas terhadap bank. Artinya Self Service Technology berpengaruh terhadap Loyalitas Nasabah melalui Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Intervening Kata Kunci :Self Service Technology,Loyalitas Nasabah, Kepuasan Nasabah. ABSTRACT Self Service Technology (SST) is a technology that allows customers to make transactions or carry out services independently without depending on employees. In the banking world, the Self Service Technology service that customers can use is Mobile Banking to make things easier for customers. This research aims to explain the influence of Self Service Technology on customer satisfaction using digital sharia banking services. This research method uses quantitative methods with data collection techniques through distributing questionnaires to customers of Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Tanjung Karang who use Self Service Technology services. The sampling technique for this research was purposive sampling with the sample used in this research totaling 280 respondents. The data analysis method was carried out using a normality test and a coefficient of determination test (R2) with an analysis tool, namely the Likert scale. The results of the research show that the better the quality of service provided by the bank to customers, the higher the level of customer satisfaction with the mobile banking services provided, so that when customers feel satisfied with the services provided it will create an attitude of loyalty towards the bank. This means that Self Service Technology has an effect on Customer Loyalty through Customer Satisfaction as an Intervening Variable. Keywords: Self Service Technology, Customer Loyalty, Customer Satisfaction.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jan 2024 07:37
Last Modified: 09 Jan 2024 07:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31936

Actions (login required)

View Item View Item