TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP KINERJA APARATUR KELURAHAN DALAM PEMBUATAN SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU (Studi di Kantor Kelurahan Korpri Jaya Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung)

Amelia, Putri (2024) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP KINERJA APARATUR KELURAHAN DALAM PEMBUATAN SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU (Studi di Kantor Kelurahan Korpri Jaya Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK AMELIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Sejak berlakunya Peraturan Walikota Bandar Lampung Nomor 67 Tahun 2016 tentang Tugas, Fungsi, dan Tata Kerja Kelurahan dalam hal untuk mewujudkan tanggung jawab hak dan kewajiban dan seluruh pihak yang terkait dengan penyelenggaraan pelayanan publik terkhusus pembuatan surat keterangan tidak mampu (SKTM) pada Kelurahan Korpri Jaya Kota Bandar Lampung. Dalam hal ini masih ada masyarakat yang mengeluh terhadap pelayanan yang diberikan oleh aparat atau pegawai, sehingga perlu dilakukannya penilaian kinerja aparatur. Penilaian ini dimaksudkan untuk melihat apakah hasil kerja dari aparatur sudah sesuai dengan apa yang diharapkan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kinerja Aparatur Kelurahan Dalam Pembuatan Surat Keterangan Tidak Mampu pada Kelurahan Korpri Jaya Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung belum optimal karena masih terdapat keluhan masyarakat tentang kinerja aparatur dan pelayanan kepada masyarakat. Seharusnya kinerja Aparatur Kelurahan dalam pelayanan kepada masyarakat dapat memberikan kemudahan serta kenyamanan kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan publik. Tinjauan Fiqh Siyasah Terhadap kinerja Aparatur Kelurahan Dalam Pembuatan Surat Keterangan Tidak Mampu belum sesuai dengan fiqh siyasah dan nilai-nilai Islam karena masih ditemukan di lapangan kurang ramahnya Aparatur dalam memberikan pelayanan, karena masih Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui 1). Bagaimana Kinerja Aparatur Kelurahan dalam Pembuatan Surat Keterangan Tidak Mampu dan 2). Bagaimana pandangan Fqh Siyasah Terhadap Kinerja Aparatur Kelurahan Dalam Pembuatan Surat Keterangan Tidak Mampu pada Kelurahan Korpri Jaya Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Kinerja Aparatur Kelurahan Dalam Pembuatan Surat Keterangan Tidak Mampu pada Kelurahan Korpri Jaya dan untuk mengetahui pandangan Fqh Siyasah terhadap Kinerja Aparatur Kelurahan Dalam Pembuatan Surat Keterangan Tidak Mampu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis yang merupakan penelitian lapangan (field research), penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah metode induktif yaitu cara berpikir dalam menarik kesimpulan secara umum dan berdasarkan fakta yang terjadi di lapangan. iii adanya Aparatur Kelurahan atau Aparatur Sipil Negara yang tidak amanah dan tidak adil dalam menjalankan tugasnya. Seharusnya Kinerja Aparatur Kelurahan atau Aparatur Sipil Negara sesuai dengan nilai yang terkandung dalam fiqh siyasah yaitu keadilan, meninggalkan yang tidak bernilai guna, ukhuwah, dan amanah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jan 2024 07:28
Last Modified: 09 Jan 2024 07:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31934

Actions (login required)

View Item View Item