HUBUNGAN ANTARA SELF CONFIDENCE (KEPERCAYAAN DIRI) DENGAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV MIN 7 LAMPUNG UTARA

Anisa, Bursyah Latif (2024) HUBUNGAN ANTARA SELF CONFIDENCE (KEPERCAYAAN DIRI) DENGAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV MIN 7 LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI ANISA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Proses pembelajaran akan meningkat jika ditandai dengan peningkatan antusiasme belajar siswa, peningkatakan rasa ingin tahu (curiosity), meningkatnya motivasi siswa untuk bertanya, berkontribusi dalam pengerjaan tugas dan tanggap terhadap isu atau suatu permasalaha. Saat peserta didik mempunyai keyakinan pada kemampuan-kemampuan yang dimilikinya, maka dengan kepercayaan dan akal Budi yang ada di dalam diri mereka, mereka bisa melaksanakan apa yang mereka inginkan. Dalam hal ini saat peserta didik telah sampai pada titik atau kondisi tersebut, tidak bisa dipungkiri rasa kepercayaan diri itu kan terdorong lebih maksimal untuk dapat melalukan aktivitas di kelas secara aktif. Berdasarkan observasi, peserta didik memiliki tingkat kepercayaan diri yang rendah. Hal ini terlihat ketika peserta didik mengikuti akivitas pembelajaran, peserta didik hanya mendengarkan, mencatat, dan mengerjakan soal yang diberikan guru. Dan adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, adakah hubungan yang positif antara self confidence (kepercayaan diri) dengan keaktifan belajar matematika peserta didik kelas IV MIN 7 Lampung Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif antara self confidence (kepercayaan diri) dengan keaktifan belajar matematika peserta didik kelas IV MIN 7 Lampung Utara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional, penelitian korelasional adalah salah satu jenis penelitian dengan pendekatan kuantitatif yang berupaya mendeteksi ada atau tidaknya korelasi antar variabel. Dengan teknik pengambilan sampel nya menggunakan teknik sampling purposive. Adapun Uji hipotesis yang dilakukan adalah uji korelasi untuk mengetahui hubungan antara variabel X dan Y. Teknik uji korelasi yang digunakan adalah korelasi product moment. Setelah peneliti mendapatkan data dari angket yang disebar kepada 27 responden, peneliti menghitung dan mengolah data tersebut berdasarkan hasil uji korelasi product moment dengan bantuan SPSS didapatlah hasil perhitungan koefisien korelasi atau nilai Pearson correlation sebesar 0,791 dengan nilai signifikansi 0,000. Nilai iv tersebut lebih besar dari nilai rtabel dengan taraf signifikansi 0,05 dan N=27 yaitu sebesar 0,381 yang berarti 0,791 > 0,381. Besarnya kontribusi yang diberikan oleh variabel self confidence (kepercayaan diri) terhadap keaktifan belajar adalah sebesar 62,56% sedangkan 37,44% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci: Self Confidence (Kepercayaan Diri), Keaktifan Belajar, Matematika. v ABSTRACT The learning process will improve if it is marked by increased student enthusiasm for learning, increased curiosity, increased student motivation to ask questions, contribute to assignments and be responsive to issues or problems. When students have confidence in their abilities, then with the belief and reason within them, they can do what they want. In this case, when students have reached this point or condition, it cannot be denied that their sense of self-confidence will be pushed to the maximum to be able to carry out activities in class actively. Based on observations, students have a low level of self-confidence. This can be seen when students take part in learning activities, students only listen, take notes and work on questions given by the teacher. And the formulation of the problem in this research is, is there a positive relationship between self-confidence and the activeness in learning mathematics of class IV MIN 7 North Lampung students. This research aims to determine the positive relationship between self-confidence and activeness in learning mathematics in class IV MIN 7 North Lampung students. The approach used in this research is a quantitative approach. This type of research is correlational research, correlational research is a type of research with a quantitative approach that attempts to detect whether or not there is a correlation between variables. The sampling technique uses a purposive sampling technique. The hypothesis test carried out is a correlation test to determine the relationship between variables X and Y. The correlation test technique used is product moment correlation. After the researcher obtained the data from the questionnaire distributed to 27 respondents, the researcher calculated and processed the data based on the results of the product moment correlation test with the help of SPSS and obtained the results of calculating the correlation coefficient or Pearson correlation value of 0.791 with a significance value of 0.000. This value is greater than the rtable value with a significance level of 0.05 and N=27, namely 0.381, which means 0.791 > 0.381. The contribution made by the self�confidence variable to active learning is 62.56%, while the other 37.44% is influenced by other factors. Keyword: Self confidence, Active Learning, Mathematics.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jan 2024 04:33
Last Modified: 09 Jan 2024 07:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31931

Actions (login required)

View Item View Item