PENGARUH QUIZIZZ BERBANTU REWARD AND PUNISHMENT TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP N 12 BANDAR LAMPUNG

AMBAR, PRATIWI (2024) PENGARUH QUIZIZZ BERBANTU REWARD AND PUNISHMENT TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP N 12 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI_Ambar Pratiwi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH QUIZIZZ BERBANTUREWARD AND PUNISHMENT TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP N 12 BANDAR LAMPUNG Oleh: Ambar Pratiwi Hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMP N 12 Bandar Lampung masih tergolong dalam kategori rendah karena penggunaan media pembelajaran yang kurang tepat, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh quizizz berbantu reward and punishment terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Meyakini Kitab-Kitab Allah, Menjadi Generasi Pecinta Al-Quran yang Toleran di SMP N 12 Bandar Lampung. Jenis penelitian yaitu True Eksperimental Design, dengan desain penelitian Post Test Only Control Group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang diperoleh dengan menggunakan teknik sampling yaitu Cluster Random Sampling, sehingga didapat kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes (soal pilihan ganda) yang merupakan tes hasil belajar yang digunakan untuk mengukur kemampuan hasil belajar peserta didik. Pada penelitian ini teknik analisis data menggunakan uji-t independent. Pada uji prasyarat dilakukan dengan menggunakan uji normalitas dengan memakai metode Liliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Fisher. Berdasarkan hasil penelitian dari kedua sampel diketahui bahwa data pada kemampuan berpikir kritis berdistribusi normal dan homogen,sehingga hasil analisis data yang telah dilakukan dengan melakukan uji hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan quizizz berbantu reward and punishment terhadap hasil belajar peserta didik. Uji hipotesisi dengan menggunakan uji-t berdasarkan Uji-t Independent Samples Test, penggunaan quizizz berabantu reward and punishment terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran iii Pendidikan Agama Islamdiperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,043 < 0,05 maka Ha diterima atau Ho ditolak. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan quizizz berbantu reward and punishment terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMP N 12 Bandar Lampung. Pada kelas kontrol dan kelas eksperimen terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Quizizz berbantu reward and punishment, Hasil Belajar. iv ABSTRACT THE INFLUENCE OF QUIZZZ WITH BANTUREWARD AND PUNISHMENT ON STUDENT LEARNING OUTCOMES IN ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION SUBJECTS AT SMP N 12 BANDAR LAMPUNG By: Amber Pratiwi The learning outcomes of class VIII students at SMP N 12 Bandar Lampung are still in the low category due to the use of inappropriate learning media, so this research aims to determine the effect of quizizz assisted by reward and punishment on the learning outcomes of class VIII students in the subject of Islamic Religious Education material on Believing in Allah's Books, Becoming a Generation of Tolerant Al-Quran Lovers at SMP N 12 Bandar Lampung. The type of research is True Experimental Design, with a Post Test Only Control Group research design. The research sample consisted of two classes obtained using a sampling technique, namely Cluster Random Sampling, so that class VIII A was obtained as the experimental class and VIII B as the control class. The research instrument used is a test (multiple choice questions) which is a learning outcomes test used to measure students' learning outcomes abilities. In this research, the data analysis technique uses the independent t-test. The prerequisite test was carried out using a normality test using the Liliefors method and a homogeneity test using the Fisher method. Based on the results of the research from the two samples, it is known that the data on critical thinking skills is normally distributed and homogeneous, so the results of data analysis that has been carried out by conducting hypothesis testing using the t-test show that there is an influence of the application of Quizizz assisted by reward and punishment on student learning outcomes. Test the hypothesis using the t-test based on the Independent Samples Test, the use of quizizz with the help of reward and punishment on student learning outcomes in the Islamic Religious Education subject obtained a sig value. (2-tailed) 0.043 < 0.05 then Ha is accepted or Ho is rejected. From the data above, it can be concluded that there is a significant influence from the use of Quizzizz with reward and punishment on student learning outcomes in the Islamic Religious Education subject in class VIII SMP N 12 Bandar Lampung. In the control class and experimental class there were significant differences in student learning outcomes. Keywords: Quizizz with reward and punishment, learning outcomes

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jan 2024 04:14
Last Modified: 09 Jan 2024 07:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31930

Actions (login required)

View Item View Item