POLA KOMUNIKASI ORANG TUA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN PADA ANAK DI DESA RINGIN SARI KECAMATAN SUOH

AYU, LATIFATUL HAMDANAH (2024) POLA KOMUNIKASI ORANG TUA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN PADA ANAK DI DESA RINGIN SARI KECAMATAN SUOH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI AYU.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pola komunikasi orang tua merupakan sebuah pola hubungan dalam proses pengiriman dan penerimaan pesan yang dilakukan orang tua kepada anak dengan metode yang tepat, sehingga pesan yang disampaikan dapat diterima dan dipahami. Pola komunikasi yang efektif diperlukan dalam penanaman nilai-nilai keagamaan pada anak. Nilai keagamaan tersebut berupa nilai ibadah solat dan mengaji di Taman Pendidikan Qur‘an (TPQ). Proses penanaman tersebut tidak akan berhasil jika tidak dibersamai dengan pola komunikasi yang positif dari orang tua, sebab di sini mereka menjadi pendidik paling utama di lingkungan keluarga. Orang tua memiliki tanggung jawab besar untuk mengarahkan dan membimbing anak-anaknya agar memiliki norma-norma agama yang tertanam kuat dalam diri seorang anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola atau model komunikasi orang tua dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan pada anak di desa Ringin Sari Kecamatan Suoh Kabupaten Lampung Barat. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah orang tua yang menerapakan pola komunikasi ke arah positif dengan sampel yang didapat berjumlah 5 KK di Desa Ringin Sari Kecamatan Suoh. Adapun hasil penelitiannya yaitu peneliti menemukan tiga pola/model komunikasi yang diterapkan oleh orang tua yaitu model komunikasi satu arah, dua arah dan model komunikasi transaksional. Namun dalam pelaksanaannya orang tua mendapatkan berbagai hambatan diantaranya : faktor emosional anak, faktor pergaulan dan lingkungan. Sehingga pola komunikasi yang dominan digunakan orang tua dalam mengatasi hambatan tersebut adalah pola komunikasi dua arah dan transaksional. Kedua model tersebut dilakukan dengan berbagai upaya seperti memberikan ruang anak untuk menyampaikan pendapatnya, memberi nasehat dan motivasi, mengingatkan anak kepada tujuan dan cita-citanya dan menoleransi anak dengan tetap menunjukkan tanggung jawab yang harus dilakukannya untuk tetap melaksanakan solat dan mengaji sehingga terwujudlah makna komunikasi yang sama diantara keduanya. Kata Kunci : Pola Komunikasi Orang Tua, Nilai-Nilai Keagamaan iv ABSTRACT Parental communication patterns are a relationship pattern in the process of sending and receiving messages by parents to children using appropriate methods, so that the messages conveyed can be received and understood. Effective communication patterns are needed in instilling religious values in children. These religious values are in the form of prayer and reciting the Koran at the Qur'an Education Park (TPQ). The planting process will not be successful if it is not accompanied by positive communication patterns from parents, because here they are the most important educators in the family environment. Parents have a big responsibility to direct and guide their children so that religious norms are firmly ingrained in the child. In this way, this research aims to find out how parents' communication patterns or models instill religious values in children in Ringin Sari village, Suoh district, West Lampung regency. This research uses a descriptive qualitative approach, with data collection techniques through interviews, observation and documentation. The respondents in this study were parents in Ringin Sari village, Suoh district. The results of the research are that researchers found three communication patterns/models applied by parents, namely one-way, two-way and transactional communication models. However, in its implementation, parents encounter various obstacles, including: children's emotional factors, social and environmental factors. So the dominant communication pattern used by parents in overcoming these obstacles is a two-way and transactional communication pattern. Both models are carried out with various efforts such as giving children space to express their opinions, giving advice and motivation, reminding children of their goals and aspirations and tolerating children while still showing the responsibility they have to carry out prayers and reciting the Koran so that the same meaning is realized between both. Keywords: Parental Communication Patterns, Religious Values

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:40
Last Modified: 09 Jan 2024 03:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31923

Actions (login required)

View Item View Item