PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 5 BANDAR LAMPUNG

Dita, Anggraini (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 5 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover, bab1, bab 2, dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI Dita Anggraini.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu faktor rendahnya kemampuan berpikir reflektif yaitu disebabkan oleh beberapa hal, antara lain siswa dan guru dalam proses berpikir reflektif masih belum terbiasa bagaimana menerapkan kemampuan berpikir reflektif tersebut, sehingga menyebabkan ketidakmampuan siswa untuk melihat kesulitan dan menghubungkan masalah dengan masalah lain merupakan salah satu penyebab mengapa anak memiliki kemampuan berpikir reflektif yang kurang baik. Untuk mengatasi hal tersebut peneliti memilih model kooperatif tipe pair check Check ini dinilai sangat relevan, menyenangkan, dan mampu menumbuhkan semangat belajar siswa di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh model kooperatif tipe pair check terhadap kemampuan berpikir reflektif peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas X di SMAN 5 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimental design atau eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan melibatkan dua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pretest dan postest bentuk soal uraian. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) kemampuan berpikir reflektif siswa yang belajar menggunakan pendekatan pair check lebih tinggi dibanding siswa yang tidak menggunakan pendekatan tersebut, 2) terdapat pengaruh pendekatan pair check terhadap kemampuan berpikir reflektif siswa berdasarkan uji-t maka didapatkan thitung memperoleh nilai 8.355 dan ttabel adalah 1.9939, sehingga hasilnya thitung > ttabel , maka Ho ditolak dan Ha diterima, hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe pair check terhadap kemampuan berpikir reflektif siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMAN 5 Bandar Lampung. Kata kunci : Model Pembelajaran, Pair Check, Kemampuan Berpikir Reflektif iv ABSTRACT One of the factors of low reflective thinking ability is caused by several things, including students and teachers in the reflective thinking process who are still not used to how to apply reflective thinking skills, thus causing students' inability to see difficulties and connect problems with other problems, which is one of the reasons why Children have poor reflective thinking abilities. To overcome this, the researcher chose the pair check type cooperative model. This type of check is considered very relevant, fun, and able to foster students' enthusiasm for learning in class. This research aims to determine the influence of the pair check type cooperative model on students' reflective thinking abilities in class X PAI subjects at SMAN 5 Bandar Lampung. The mothod used in this study is quasi-experimental design or quasi experimental design with nonequivalent control group design. While the sampling technique used probability sampling by means of sampling using random sampling. In this study involved two classes, namely the experimental class and the control class. The research instrument used in this study used the pretest and postest form of the problem description. The results of the study shows that; 1) reflective thinking of student by appliying pair check Approach higher than student who not using pair check approach, 2) the application of the pair check can affect students‟ reflective thinking skills based on the t-test the value obtained for tcount = 8.355 and ttable = 1.9939, so the result is tcount > ttable then ho is rejected and ha is accepted, the results of hypothesis testing can be concluded that there is a significant positive influence of the use of the pair check type cooperative learning model on students‟ reflective thinking abilities in islamic religious education subjects at SMAN 5 Bandar Lampung Keywords : Learning Model, Pair Check, Reflective Thinking Ability

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:24
Last Modified: 09 Jan 2024 06:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31922

Actions (login required)

View Item View Item