STRATEGI DAN LAYANAN GURU BK DALAM MENGATASI KASUS PACARAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII D MTS N 1 BANDAR LAMPUNG

KIKIF, FADILAH (2024) STRATEGI DAN LAYANAN GURU BK DALAM MENGATASI KASUS PACARAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII D MTS N 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB  5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL KIKIF FADILAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pacaran menjadi sebuah fenomena yang terjadi dikalangan remaja. Pacaran dikalangan remaja dipengaruhi oleh adanya kemajuan teknologi dan arus globalisasi. Pacaran ini memberikan banyak dampak negatif. Salah satunya perilaku seks bebas, menurunnya prestasi belajar, interaksi sosial yang terganggu dan lain sebagainya. Oleh karena itu, diperlukannya penanganan oleh orang tua, guru dan masyarakat dalam mengawasi dan mendidik remaja agar tidak terjerumus kedalam perilaku berpacaran. Maka dilakukan penelitian strategi dan layanan guru BK dalam mengatasi kasus pacaran guna untuk memperkenalkan bagaimana strategi dan layanan guru BK yang tepat digunakan dalam mengatasi kasus pacaran pada peserta didik kelas VIII D di Mts Negeri 01 Bandar Lampung hal ini dilatarbelakangi oleh adanya kasus pacaran yang terjadi di Mts Negeri 01 Bandar Lampung dan bagaimana guru BK dalam mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan pendekatan CBT (Cognitive Behavior Therapy). Dalam hal ini, peneliti ingin mengamati dan menggambarkan kasus serta bagaimana strategi dan layanan guru BK dalam mengatasi kasus pacaran untuk memberikan pemahaman dan pencegahan agar peserta didik tidak terjerumus kedalam pergaulan bebas dan menghindari dari dampak negatif yang disebabkan oleh pacaran. Adapun subjek pada penelitian ini adalah Guru BK dan Peserta didik yang berpacaran. Metode penelitian yang digunakan yakni kualitatif deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah mengumpulkan data, mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah strategi layanan yang digunakan guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kasus pacaran peserta didik di kelas VIII D yakni dengan menggunakan layanan konseling individu. Guru BK berupaya memberikan pendekatan terhadap peserta didik terlebih dahulu. Kemudian, guru BK memanggil peserta didik yang berpacaran keruang BK untuk memperoleh informasi mengenai permasalahannya. Guru BK juga menjalin Kerjasama dengan guru wali kelas, kepala sekolah dan orangtua peserta didik. Kemudian guru BK menggunakan pendekatan CBT (Cognitive Behavior Therapy) dalam membantu mengatasi kasus pacaran tersebut. Kemudian guru BK memberi penguatan kepada peserta didik agar peserta didik tidak mengulangi kesalahan yang sama. v ABSTRACK Dating has become a phenomenon that occurs among teenagers. Dating among teenagers is influenced by technological advances and globalization. This relationship has many negative impacts. One of them is promiscuous sexual behavior, decreased academic achievement, disrupted social interactions and so on. Therefore, it is necessary for parents, teachers and the community to monitor and educate teenagers so that they do not fall into dating behavior. So research was carried out on the strategies and services of guidance counselors in dealing with cases of dating in order to introduce how the appropriate strategies and services of guidance and counseling teachers are used in dealing with cases of dating in class VIII D students at Mts Negeri 01 Bandar Lampung. This was motivated by the existence of cases of dating that occurred in Mts Negeri 01 Bandar Lampung and how the BK teacher overcomes these problems using the CBT (Cognitive Behavior Therapy) approach. In this case, the researcher wants to observe and describe cases as well as the guidance and counseling teachers' strategies and services in dealing with cases of dating to provide understanding and prevention so that students do not fall into promiscuity and avoid the negative impacts caused by dating. The subjects in this research were guidance and counseling teachers and students who were dating. The research method used is descriptive qualitative. With data collection techniques through observation, interviews and documentation. The analysis techniques used are collecting data, reducing data, presenting data and drawing conclusions. The results obtained in this research are the service strategies used by guidance and counseling teachers in dealing with cases of dating students in class VIII D, namely by using individual counseling services. Guidance teachers try to provide an approach to students first. Then, the guidance and counseling teacher calls students who are dating to the guidance and counseling room to obtain information about their problems. BK teachers also collaborate with homeroom teachers, school principals and students' parents. Then the guidance and counseling teacher used a CBT (Cognitive Behavior Therapy) approach to help overcome the dating case. Then the guidance and counseling teacher provides reinforcement to students so that students do not repeat the same mistakes.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:08
Last Modified: 09 Jan 2024 06:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31921

Actions (login required)

View Item View Item