E-BOOKLET BIOLOGI SEBAGAI SOLUSI MEDIA PEMBELAJARAN KELAS XI SMA NEGERI 2 GUNUNG LABUHAN

Shela, Aprianita (2024) E-BOOKLET BIOLOGI SEBAGAI SOLUSI MEDIA PEMBELAJARAN KELAS XI SMA NEGERI 2 GUNUNG LABUHAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK SELA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil pra penelitian yang telah dilakukan penulis menggunakan angket dan juga wawancara langsung dengan guru biologi diketahui bahwa peserta didik merasa jenuh dan bosan adanya pembelajaran hanya menggunakan buku paket ataupun kurangnnya media pembelajaran yang menarik tertuma padamateri jaringan hewan, menyebabkan siswa kurang tertarik dalam pemelajaran, selain itu peserta didik sudah difasilitasi Smartphone ataupun telepon genggam oleh orang tuanya akan tetapi kebanyakan mereka hanya memanfaatkan untuk bermain sosial media. Media pembelajaran ialah salah satu faktor pendukung keberhasilan dalam proses pembelajaran terlebih dengan media pembelajaran yang berkaitan dengan teknologi. Sehingga perlu dikembangkan media pembelajaran berupa booklet digital. Jenis penelitian yang digunakan yakni R&D dengan model pengembangan Borg and Gall sampai tahapan ke7 (potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, uji coba produk dan revisi produk). Dengan produk media pembelajaran yang divalidaisi oleh 6 validator. Populasi yang digunakan yaitu kelas XI IPA SMAN 2 Gunung Labuhan dengan 20 peserta didik untuk uji coba kelompok kecil dan 40 peserta didik untuk uji coba lapangan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Media Pembelajaran berbasis Booklet digital (e-booklet) pada materi jaringan hewan sangat valid yang diketahui berdasarkan nilai rata-rata dengan hasil validasi ahli media sebesar 86,45% dan ahli materi sebesar 83,75% dan ahli Bahasa 84,09%. Berdasarkan hasil uji coba pada peserta didik bahwasanya media pembelajaran berbasis e-booklet pada materi jaringan hewan dinyatakan sangat menarik dengan hasil pada uji coba kelompok kecil sebesar 88,75% dan uji coba lapangan sebesar 89,37% Kata kunci: Media Pembelajaran, E-Booklet, Jaringan Hewan iii ABSTRACT Based on the results of pre-research that the author has conducted using questionnaires and also direct interviews with biology teachers, it is known that students feel bored and bored with learning only using textbooks or lack of interesting learning media focused on animal tissue material, causing students to be less interested in learning, besides that students have been facilitated with Smartphones or mobile phones by their parents, but most of them only use it to play social media. Learning media is one of the supporting factors for success in the learning process, especially with learning media related to technology. So it is necessary to develop learning media in the form of digital booklets. The type of research used is R&D with the Borg and Gall development model until stage 7 (potential and problems, data collection, product design, design validation, product testing and product revision). With learning media products validated by 6 validators. The population used is class XI IPA SMAN 2 Gunung Labuhan with 20 students for small group trials and 40 students for field trials The results of the study showed that Digital Booklet-based Learning Media (e-booklet) on animal tissue material is very valid which is known based on the average value with the validation results of media experts of 86.45% and material experts of 83.75% and linguists of 84.09%. Based on the results of trials on students, e�booklet-based learning media on animal tissue material was declared very interesting with results in small group trials of 88.75% and field trials of 89.37% Keywords: Learning Media, E-Booklet, Animal Tissue

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:55
Last Modified: 09 Jan 2024 06:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31919

Actions (login required)

View Item View Item