IMPLEMENTASI PASAL 3 PERATURAN BUPATI LAMPUNG BARAT NOMOR 48 TAHUN 2018 TENTANG KEBIJAKA DAN STRATEGI DALAM PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DAN SAMPAH SEJENIS SAMPAH RUMAH TANGGA TERHADAP KUALITAS AIR SUNGAI WAY WARKUK DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Pekon Pagar Dewa Kecamatan Sukau Kabupaten Lampung Barat)

SELY, ANJELINA (2024) IMPLEMENTASI PASAL 3 PERATURAN BUPATI LAMPUNG BARAT NOMOR 48 TAHUN 2018 TENTANG KEBIJAKA DAN STRATEGI DALAM PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DAN SAMPAH SEJENIS SAMPAH RUMAH TANGGA TERHADAP KUALITAS AIR SUNGAI WAY WARKUK DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Pekon Pagar Dewa Kecamatan Sukau Kabupaten Lampung Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skrispi 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skrispi SELY ANJELINA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan sampah di Indonesia dari hari ke hari semakin diperhatikan. Jenis sampah yang menjadi fokus adalah sampah rumah tangga. Sampah rumah tangga adalah sampah yang dihasilakan dari kegitan sehari-hari dalam rumah tangga. Tidak sedikit terjadinya pencemaran akibat sampah-sampah yang ada di Indonesia. Penangan sampah rumah tangga kini mulai deterapkan dari kota-kota besar hingga ke desa-desa. Dengan adanya otonomi daerah, maka akan ada kebijakan yang dikeluarkan sesuai dengan kebutuhan daerah tersebut. Peraturan Bupati Lampung Barat Nomor 48 Tahun 2018 menadi bukti bentuk keseriusan pemerintah dalam upaya mengelola sampah rumah tangga dan sejenis sampah rumah tanggan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1). Bagaimana Implementasi Pasal 3 Peraturan Bupati Lampung Barat Nomor 48 Tahun 2018 tentang kebijakan dan strategi dalam pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga terhadap kualitas air sungai Way Warkuk ?. (2). Bagaimana Perspektif Fiqh Siyasah terhadap peranan Pasal 3 Peraturan Bupati Lampung Barat Nomor 48 Tahun 2018 tentang kebijakan dan strategi dalam pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga terhadap kualitas air sungai Way Warkuk ?. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Data yang digunakan yaitu data primer dan data skunder. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini wawancara dilakukan kepada Kepala Desa, Aparatur Desa, Tokoh Masyarakat, dan Masyarakat Pekon Pagar Dewa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi Pasal 3 Peraturan Bupati Lampung Barat Nomor 48 Tahun 2018 Tentang Kebijakan Dan Strategi Dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga Terhadap Kualitas Air Sungai Way Warkuk Dalam Perspektif Fiqh Siyasah di Pekon Pagar Dewa Kecamatan Sukau Kabupaten Lampung Barat sudah terimplementasi meskipun belum sepenuhnya karena masih terdapat kendala yaitu faktor kebiasaan masyarakat membuang sampah di sungai Way Warkuk dan kurangnya fasilitas menjadi penghambata terlaksananya Peraturan Bupati Lampung Barat Nomor 48 Tahun 2018 ini, masyarakat membutukan fasilitas pembungan dan sosialisai untuk mengelola sampah rumah tangga.. Dalam Fiqh Siyasah ini termasuk kedalam Siyasah Tanfidziyah yaitu pelaksanaan peraturan perundang-undangan. Peraturan ini dilaksanakan oleh Al-Sulthan Tanfidziyyah yaitu Kepala Desa Pekon Pagar Dewa, dan sudah sesui dengan syariat islam yaitu siddiq, Amanah, Fatanah, dan Tabliq. Diliat dari upaya pencegahan sepeti pemesangan peringan untuk tidak membuang samapah di sungai dan peneguran lansung oleh Kepala Desa. Namun dari sisi masyarakat masih kurang menjaga kebersihan, masih banyak masyarakat membuang sampah ke sungai. Masih 40% masyarakat tidak mematuhi ulil amri. Kata Kunci: PERBUB, Sampah Tangga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:53
Last Modified: 09 Jan 2024 02:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31918

Actions (login required)

View Item View Item