PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 2 BANJAR AGUNG KABUPATEN TULANG BAWANG

Ana, Melani (2024) PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 2 BANJAR AGUNG KABUPATEN TULANG BAWANG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI ANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Dari setiap proses pembelajaran diharapkan peserta didik memperoleh hasil belajar yang baik, namun pada kenyataannya hasil belajar yang diperoleh tidak selalu baik dan sesuai harapan, Pengajaran yang cenderung berpusat pada guru menjadi akar penyebab rendahnya tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran, sistem pembelajaran yang lebih banyak memberikan kemampuan untuk menghapal bukan berfikir, kreatif, kritis dan analitis, menimbulkan sikap apatis siswa dan menganggap enteng dan kurang menarik dari materi pembelajaran. Maka dengan adanya bimbingan belajar teknik role playing diharapkan peserta didik dapat meningkatkan hasil belajar dan dapat dengan mudah memahami materi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui terdapat pengaruh bimbingan belajar teknik role playing terhadap peningkatkan hasil belajar pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Banjar Agung. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pre�eksperimen design. Dengan design penelitian yaitu design One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, observasi dan dokumentasi. Proses pengambilan sample menggunakan purposive sampling, dengan populasi seluruh kelas VII dan sample sebanyak 30 peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Banjar Agung yang terindikasi dengan hasil belajar rendah. Peserta didik diberikan pretest sebelum diberikan tindakan berupa bimbingan belajar teknik role playing, adapun hasil yang diperoleh pengujian hasil pretest dengan rata-rata 22,22 sedangkan hasil posttest rata-rata 86,33 setelah diberikan tindakan. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan rumus Uji Paired Samples Test dan didapatkan nilai thitung = 36,540 dan dapat diketahui nilai ttabel = 2,032 dengan demikian kriteria pengujian thitung > ttabel = 36,540 > 2,032. Dengan demikian Hα diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara bimbingan belajar teknik role playing terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Banjar Agung. Kata Kunci: Bimbingan Belajar, Role Playing, Hasil Belajar iv ABSTRACT From each learning process, it is hoped that students will obtain good learning results, but in reality the learning results obtained are not always good and according to expectations. Teaching that tends to be teacher-centered is the root cause of the low level of students' understanding of learning material, more learning systems. providing the ability to memorize rather than think, be creative, critical and analytical, giving rise to student apathy and considering the learning material lightly and less interesting. So, with role playing technique learning guidance, it is hoped that students can improve their learning outcomes and can easily understand the learning material. The aim of this research is to determine the effect of role playing technique tutoring on improving learning outcomes for class VII students at SMP Negeri 2 Banjar Agung. In this research, a quantitative pre-experimental design method was used. With a research design, namely a One-Group Pretest�Posttest Design. The data collection techniques used were questionnaires, observation and documentation. The sampling process used purposive sampling, with a population of all class VII and a sample of 30 class VII students at SMP Negeri 2 Banjar Agung who were indicated to have low learning outcomes. Students were given a pretest before being given action in the form of tutoring on role playing techniques. As for the results obtained, the pretest results averaged 22.22, while the posttest results averaged 86.33 after being given the action. The hypothesis test in this study used the Paired Samples Test formula and obtained a value of tcount = 36.540 and it can be seen that the value of ttable = 2.032, thus the test criteria for tcount > ttable = 36.540 > 2.032. Thus Hα is accepted and Ho is rejected. So it can be concluded that there is a significant influence between role-playing technique learning guidance on improving the learning outcomes of class VII students at SMP Negeri 2 Banjar Agung. Keywords: Tutoring, Role Playing, Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:46
Last Modified: 09 Jan 2024 06:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31917

Actions (login required)

View Item View Item