ANALISIS RENDAHNYA MINAT PETANI KOPI TERHADAP PRODUK PERBANKAN SYARIAH MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi di Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat)

M., Rafli Alvarets (2024) ANALISIS RENDAHNYA MINAT PETANI KOPI TERHADAP PRODUK PERBANKAN SYARIAH MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi di Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of Skripsi M. Rafli Alvarets.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Minat merupakan keinginan yang timbul dari diri sendiri tanpa ada paksaan orang lain untuk mencapain suatu tujuan tertentu. Minat dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya faktor internal yang meliputi pengetahuan, bakat, motivasi, persepsi, emosional dan faktor eksternal yang meliputi faktor lingkungan keluarga dan sosial. Masih banyak petani kopi yang kurang memahami atau bahkan tidak memahami sama sekali apa itu bank syariah. Karena kurangnya pemahaman tersebut menjadikan para petani kopi tidak tertarik menggunakan produk yang telah disediakan oleh bank syariah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan rendahnya minat petani kopi terhadap produk perbankan syariah serta bagaimana perspektif ekonomi Islam mengenai faktor yang menyebabkan rendahnya minat petani kopi terhadap produk perbankan syariah di Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat. Jenis penelitian ini adalah field research yang bersifat deskriptif kualitatif, penelitian ini menggunakan sampel non probability sampling, dengan metode Purposive Sampling yakni teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Sampel berjumlah 17 responden dari 165 populasi dengan menggunakan metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian data diolah dan dianalisis dengan metode berfikir induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat petani kopi di Kecamatan Balik Bukit terhadap produk Perbankan syariah tergolong rendah. Rendahnya minat petani kopi terhadap produk Perbankan Syariah dipengaruhi oleh beberapa faktor yakni faktor pengetahuan, dan faktor emosional, serta faktor eksternal diantaranya yakni faktor lingkungan sosial, faktor lokasi dan promosi/sosialisasi. Hal ini sejalan dengan konsep ekonomi Islam di mana Pengetahuan seseorang tentang bank syariah akan dapat mempengaruhi minat nasabah. Bila seseorang yang terbuka terhadap informasi dan mengetahui tentang bank syariah dengan baik, cenderung akan tetap menjadi nasabah bank syariah. Untuk itu agar lebih dapat meningkatkan minat masyarakat terhadap bank syariah ini perlu sekali informasi serta pengetahuan yang baik. Kata Kunci: Minat, Petani Kopi, Produk Perbankan Syariah, Ekonomi Islam. ABSTRACT Interest is a desire that arises from oneself without being forced by others to achieve a certain goal.Interest is influenced by various factors including internal factors which include knowledge, talent, motivation, perception, emotional and external factors which include family and social environmental factors. There are still many coffee farmers who do not understand or even understand at all what sharia banking is. Due to this lack of understanding, coffee farmers are not interested in using the products provided by Islamic banks. The aim of this research is to find out what factors cause the low interest of coffee farmers in sharia banking products and what the Islamic economic perspective is regarding the factors that cause the low interest of coffee farmers in sharia banking products in Balik Bukit District, West Lampung Regency. This type of research is field research which is descriptive qualitative, this research using a sample non probability sampling by method purposive sampling namely sampling technique with consideration certain. Total sample 17 respondent from 165 population by using data collection methods using interviews, observation and documentation. Then data is processed and analyzed with inductive thinking methods. The results of this study indicate that the interest of coffee farmers in Balik Bukit sub-district in Islamic banking products is low. The low interest of coffee farmers in Islamic Banking products is influenced by several factors, namely knowledge factors, and emotional factors, as well as external factors including social environmental factors, location factors and promotion/socialization. This is in line with the concept of Islamic economics where a person's knowledge of Islamic banks will be able to influence customer interest. If someone is open to information and knows about Islamic banks well, they tend to remain customers of Islamic banks. For this reason, in order to further increase public interest in Islamic banks, good information and knowledge are needed. Keywords: Interest,Coffee Farmers, Islamic Banking Products, Islamic Economic.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:30
Last Modified: 08 Jan 2024 07:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31914

Actions (login required)

View Item View Item