IMPLEMENTASI PASAL 27 AYAT (1) UNDANG-UNDANG NOMOR 24 TAHUN 2013 TENTANG ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Di Desa Candimas Kecamatan Natar kabupaten Lampung Selatan)

YUNI, INDRI SAFITRI JM (2023) IMPLEMENTASI PASAL 27 AYAT (1) UNDANG-UNDANG NOMOR 24 TAHUN 2013 TENTANG ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Di Desa Candimas Kecamatan Natar kabupaten Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of yuni indri 1-dikonversi-1.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Administrasi kependudukan merupakan jaminan kepastian hukum dan perlindungan hak-hak individu bagi warga Negara yang harus di penuhi sejak kelahirandengan cara di laporkan kepada instansi pelaksanaan, yaitu dinas kependudukan dancatatan sipil. Dalam Undang-Undang No 24 Tahun 2013 Tentang administrasi kependudukan seluruh masyarakat wajib melaporkan paling lambat 60 hari sejak kelahiran sebagai dasar untuk membuat akta kelahiran. Pasal 27 ayat 1 Undang-Undang nomor tahun 24 tahun 2013 Administrasi Kependudukan berbunyi : setiap kelahiran wajib dilaporkan oleh penduduk kepada instansi pelaksana di tempat terjadinya peristiwa kelahiran paling lambat 60 (Enampuluh) hari sejak kelahiran. Pasal diatas telah memberikan perintah kepada setiap warga Negara untuk melaporkan setiap kelahiran anak setiap kelahiran anak sebagai upaya perlindungan hukum demi mewujudkan kepastian dalam bentuk pengakuan identitas oleh Negara berupa akta kelahiran. Zaman sekarang ini banyak anak yang tidak memiliki akta kelahiran akibatnya banyak anak pula yang kehilangan haknya untuk mendapatkan pendidikan atau jaminan sosial. Adapun Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah, Pertama Bagaimana Impelemetasi Pasal 27 Ayat (1) Undang-UndangNomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi kependudukan di Desa Candimas Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Kedua Bagaimana Pandangan Fiqh Siyasah Terhadap Implementasi Pasal 27 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Administrasi Kependudukan di Desa Candimas Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Lapangan (Field Research). Penelitian lapangan adalah penelitian yang dilakukan dengan megumpulkan data diperoleh dari himpunan pendapat, tanggapan, informasi maupun keterangan yang berbentuk uraian dalam mengungkapan masalah. metode yang dipakai adalah metode penelitian kualitatif dengan deskriptif analisis dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi dengan tujuan untuk memperoleh data secara langsung dari partisipan dan informasi dari objek yang di teliti baik secara langsung ataupun tidak. Lokasi penelitian yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Di Desa Candimas Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah yang pertama, Pasal 27 Ayat (1) Undang�Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Administrasi Kependudukan (Studi Di Desa Candimas Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan belum terimplementasi secara maksimal. Kedua Islam tidak melarang apabila kelahiran anak dicatatkan karena pencatatan kelahiran bertujuan membawa maslahat bagi anak. Sehingga masyarakat yang belum melaporkan kelahiran dan belum mengurus Akta Kelahiran untuk dapat mengurusnya dengan tetap mengikuti ketentuan hukum negara tersebut. Kata Kunci : Implementasi, Administrasi kependudukan, Akta Kelahiran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Jan 2024 04:21
Last Modified: 08 Jan 2024 04:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31907

Actions (login required)

View Item View Item