TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP PERAN DINAS SOSIAL NOMOR 13 TAHUN 2011 TENTANG PENANGANAN FAKIR MISKIN (Studi di Dinas Sosial Kota Pagar Alam)

NIA, TANIA (2023) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP PERAN DINAS SOSIAL NOMOR 13 TAHUN 2011 TENTANG PENANGANAN FAKIR MISKIN (Studi di Dinas Sosial Kota Pagar Alam). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of Skripsi NIA TANIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Persoalan kemiskinan yang terdapat di Kota Pagar Alam yaitu masih rendahnya sumber daya manusia yang mengakibatkan rendahnya daya saing dalam merebut peluang kerja sehingga hal ini yang menyebabkan tingginya angka pengangguran dan kemiskinan. Kota Pagar Alam belum mampu menuntaskan masalah kemiskinan. Hal ini dibuktikan dengan masih banyaknya fakir miskin yang berkeliaran untuk mencari sesuap nasi yang berada di jalanan, di pasar, lampu merah, dan di perumahan kumuh kotor dan masih banyaknya anak-anak yang putus sekolah. Itu menjadi bukti bahwa Kota Pagar Alam belum tuntas masalah kemiskinan. Dengan Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah tentang bagaimana peran Dinas sosial dalam Undang-undang Nomor 13 Tahun 2011 Tentang Penanganan Fakir Miskin dan bagaimana Tinjauan Fiqh Siyasah terhadap peran dinas sosial dalam Undang-undang Nomor 13 Tahun 2011 Tentang Penanganan Fakir Miskin. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui tentang bagaimana perannya dan program apa saja yang sudah diterapkan dinas sosial dalam penanganan fakir miskin di Kota Pagar Alam. Jenis penelitian field Research. Sifat penelitian ini Deskriptif Analisis dan metode pengolahan data menggunakan Oberservasi, wawancara, dokumentasi. Data primer diperoleh secara langsung sedangkan data sekunder yang ada kaitan nya dengan permaslahan penelitian ini dan di peroleh dari studi kepustakaan baik dari buku, jurnal,dan literatul lainnya yang berkaitan dengan permaslahanan ini. Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis bahwa realita dilapangan tentang peran Dinas Sosial dalam penanganan fakir miskin di Kota Pagar Alam masih kurang sesuai, Kepala kasi penangulanggan kemiskinan Dinas Sosial mengatakan bahwa dinas sosial itu sendiri telah mengeluarkan program-program khusus dalam penanganan fakir miskin diantaranya Program rumah tidak layak huni atau RTLH dan Bantuan program Sembako Bantuan Program Keluarga Harapan, tidak hanya itu Dinas Sosial juga berupaya meningkatkan pendapat masyarakat melalui pengembangan keterampilan serta mengembangkan kewirausahaan. Namun, setelah peneliti melakukan wawancara masih banyak masyarakat tidak menerima program-program dari Dinas Sosial khususnya di Kecamatan Pagar Alam Utara. Penyebab dari permasalahan ini adalah akibat tidak adanya pengawasan dari Dinas Sosial disetiap Kecamatan Pagar Alam dan Dinas Sosial tidak melakukan pembaharuan data setiap tahun nya dan tidak menutup kemungkinan program-program tersebut tidak merata. Kata kunci : Fiqh Siyasah, Fakir Miskin, Peran Dinas Sosial

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:40
Last Modified: 08 Jan 2024 03:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31902

Actions (login required)

View Item View Item