ANALISIS STRATEGI AFFILIATE MARKETING TERHADAP TINGKAT PENJUALAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Butik Zoya Cabang Kedaton Bandar Lampung)

MUHAMIM, AHMAD (2017) ANALISIS STRATEGI AFFILIATE MARKETING TERHADAP TINGKAT PENJUALAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Butik Zoya Cabang Kedaton Bandar Lampung). Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung .

[thumbnail of SKRIPSI_MUHAMMIM.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Strategi pemasaran merupakan media utama yang digunakan perusahaan untuk meningkatkan penjualan, berbagai cara digunkana oleh perusahaan untuk menginformasikan produknya, baik melalui media cetak maupun media digital. Salah satunya yaitu strategi Affiliate marketing. Affiliate marketing adalah sistem pemasaran melalui media digital, yang merupakan perkembangan dari pemasran konvensional. Strategi utama dalam menggunakan sistem affiliate marketing ialah dengan mengerahakan para affiliaters sebagai pemasar. yaitu dengan cara memberikan informasi melalui media internet tentang produk yang dijualnya dengan salah satu media sosial seperti facebook, twitter, instagram dll. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi affiliate marketing yang diterapkan oleh butik Zoya cabang Bandar Lampung, seberapa besar efektivnya pemasaran ini dalam meningkatkan promosi dan penjualan dalam perspektif Ekonomi Islam. Tujuan penelitian dilakukan untuk mengetahui strategi affiliate marketing yang diterapkan pada butik zoya serta untuk mengetahui strategi affiliate marketing dalam perspektif ekonomi Islam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan butik Zoya cabang Bandar Lampung. Data yang diperoleh melalui data primer berupa observasi, interview, dan wawancara serta menggunakan teknis analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, butik Zoya memasarkan produk yang dijual melalui berbagai media sosial. Yang paling utama yaitu instagram dengan alamat zoyamuslim. Zoya dalam memasarkan kurang meng update setiap produk kepada konsumen lama maupun baru. Pada sistem affilite marketing yang digunakan butik Zoya, para affiliatersnya kurang aktif serta kreatif dalam mempromosikan produk zoya. Kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah, dalam penerapan strategi affiliate marketing Butik Zoya sudah melakukan langkah-langkah dengan menerapkan strategi affiliasi marketing yang baik, semua karyawan di berdayakan sebagai pemasar dengan mempromosikan produk dari Zoya sendiri melalui akun media sosial pribadi masing-masing. Hal ini sangat efektif karena sasaran konsumen langsung tertuju pada mereka dengan adanya interaksi yang terjadi ketika para affiliaters meng update barang dari Zoya sendiri di media sosial. Dalam perspektif ekonomi Islam strategi affiliate marketing sudah memenuhi rukun dan syarat dalam bermuamalah sehingga bisa di jalankan sebagai salah satu prosedur dalam jual beli yang yang sah dan bisa di lakukan oleh masyarakat umum dengan tidak langsung berinteraksi secara langsung kontak fisik dan bertatap muka, namun ada saling kepercayaan dan pertangung jawaban yang bisa dilakukan apabila terjadi kesalahan dari kedua belah pihak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 09 Mar 2017 01:26
Last Modified: 09 Mar 2017 01:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/319

Actions (login required)

View Item View Item