IMPLEMENTASI TERTIB JALAN DALAM PERATURAN DAERAH KABUPATEN LAMPUNG UTARA NOMOR 4 TAHUN 2022 TENTANG KETERTIBAN UMUM PERSPEKTIF FIQH SIYĀSAH (Studi di Pasar Minggu Desa Ketapang Kecamatan Sungkai Selatan Kabupaten Lampung Utara)

FARID, IBNU FAUZI (2023) IMPLEMENTASI TERTIB JALAN DALAM PERATURAN DAERAH KABUPATEN LAMPUNG UTARA NOMOR 4 TAHUN 2022 TENTANG KETERTIBAN UMUM PERSPEKTIF FIQH SIYĀSAH (Studi di Pasar Minggu Desa Ketapang Kecamatan Sungkai Selatan Kabupaten Lampung Utara). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FARID IBNU FAUZI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara telah menerbitkan Peratuan Daeah Nomor 4 Tahun 2022 tentang Ketertiban Umum. Dalam peraturan tersebut terdapat aturan yang mengatur mengenai tertib bahu jalan dan trotoar yang diperuntukan untuk pejalan kaki, bukan sebagai lahan pakir. Sedangkan dalam faktanya, di Pasar Minggu Desa Ketapang Kecamatan Sungkai Selatan Kabupaten Lampung Utara, bahu jalan atau trotoar tidak digunakan untuk peruntukkannya, tetapi dijadikan sebagai lahan parkir oleh oknum�oknum yang tidak bertanggungjawab (parkir liar/ilegai), sehingga hal ini tidak sejalan dengan peraturan yang telah diterbitkan oleh oleh Pemerintah Daerah. Rumusan masalah dalam penelitian yaitu mengenai bagaimana analisa implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Utara Nomor 4 Tahun 2022 tentang Ketertiban Umum dalam upaya tertib jalan terhadap parkir motor sembarangan di Pasar Minggu Desa Ketapang Kecamatan Sungkai Selatan Kabupaten Lampung Utara dan bagaimana tinjauan fiqh Siyāsah tanfidziyyah terhadap implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Utara Nomor 4 Tahun 2022 tentang Ketertiban Umum dalam upaya tertib jalan terhadap parkir motor sembarangan di Pasar Minggu Desa Ketapang Kecamatan Sungkai Selatan Kabupaten Lampung Utara. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan sumber data berupa sumber data primer dan sekunder. Teknik pengambilan data melalui wawancara dan dokumentasi di Pasar Minggu Desa Ketapang Kecamatan Sungkai Selatan Kabupaten Lampung Utara. Hasil temuan dalam penelitian ini yaitu, Pertama, implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Utara Nomor 4 Tahun 2022 Tentang Ketertiban Umum dalam upaya tertib parkir di Pasar Minggu Desa Ketapang Kecamatan Sungkai Selatan Kabupaten Lampung Utara belum berjalan sesuai dengan apa yang diamanatkan dalam perda tersebut. Adapun yang menjadi alasannya yaitu karna parkir liar di pasar Minggu Desa Ketapang kecamatan Sungkai Selatan iii kabupaten Lampung Utara masih berlanjut dan tidak adanya tindakan dari pemerintah karena tidak adanya keluhan yang datang dari masyarakat dalam masalah ketertiban umum wabil khusus tempat parkir liar yang terjadi di bahu jalan Pasar Minggu. Kedua, tinjauan fiqh siiyāsah tanfidziyyah terkait dengan implementasi peraturan perda ini, belum sejalan dengan kaidah fiqh siiyāsah tanfidziyyah karena berdampak pada masyarakat sekitar yang merasa dirugikan atau dicurangi dengan keberadaan parkir-parkir tidak resmi di bahu jalan sepanjang Pasar Minggu. Terdapat beberapa pihak yang merasa terdzolimi dengan keberadaan parkir liar ini. Kata Kunci: Perda; Ketertiban Umum; Parkir Liar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:44
Last Modified: 08 Jan 2024 02:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31899

Actions (login required)

View Item View Item