PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK KELAS IV MIS AL�HIKMAH BANDAR LAMPUNG

SHIFA, NOVITA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK KELAS IV MIS AL�HIKMAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN II.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL SHIFA REVISI MUNAQ.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Di dalam beraneka literatur dijelaskan beraneka teknik menumbuh kembangkan HOTS terhadap siswa, yaitu perlunya membangun peran guru sebagai fasilitator, siswa aktif terlibat di dalam memecahkan kasus siklus hidup yang menantang, diskusi kelas lewat penyajian persoalan tentang global konkret dan juga mendorong siswa untuk mempresentasikan solusi mereka sendiri. Adapun teknik�teknik itu merupakan bagian berasal dari ciri jenis PBL agar sesuai bahwa tipe PBL cocok untuk diimplementasikan di dalam bisnis menambah kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dalam pelajaran IPAS siswa. Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam pembelajaran IPAS siswa kelas IV MIS Al-Hikmah Bandar Lampung. Maka, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam pembelajaran IPAS siswa kelas IV MIS Al-Hikmah Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian menggunakan quasy eksperimen yang didesain menggunakan non equivalent control group design, yaitu desain yang hampir sama dengan pretest-posttest control group design. Adapun jumlah sampel penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling dengan jumlah total 50 peserta didik yang berasal dari 2 kelas yaitu kelas IV A dan B. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa hasil uji independent sample t test, diketahui bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi pada nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,003 < 0,05, maka diketahui bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa untuk Post-test kelas eksperimen (model PBL) dengan Post-test kelas Kontrol (model Konvensional). Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learsing (PBL) iii terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada mata pelajaran IPAS materi siklus hidup hewan pada siswa kelas IV MIS Al-Hikmah Bandar Lampung. Kata Kunci: Kemampuan berpikir Tingkat Tinggi, PBL, Model Pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jan 2024 04:20
Last Modified: 05 Jan 2024 08:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31889

Actions (login required)

View Item View Item