PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TADABUR ALAM TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMKS MIFTAHUL ULUM BANDAR LAMPUNG

ISTIQOMAH, Mat Ichwani (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TADABUR ALAM TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMKS MIFTAHUL ULUM BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi ISTIQOMAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya permasalahan yaitu rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini di sebabkan dalam proses belajar mengajar kemampuan peserta didik yang kurang memahami materi. Salah satu alternative yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam adalah Model pembelajaran Tadabur Alam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah true ekspremiental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMSK Miftahul Ulum Bandar Lampung yang berjumlah 190 peserta didik, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah 2 kelas yang dipilih secara random , yaitu kelas X.1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 peserta didik dan kelas X.2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 peserta didik. Pelaksanaan penelitian ini sudah berjalan dengan baik sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran Tadabur Alam, ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar, Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis hasil belajar post test dengan menggunakan rumus uji-t menunjukkan bahwa besarnya t yang diperoleh dalam perhitungan (t=8,341) dan besarnya t yang tercantum pada tabel nilai t (t table 5 % = 2,000) maka dapat diketahui bahwa t hitung > t tabel yaitu 8,341>2,000. Maka hasil uji hipotesis menyatakan bahwa “Model Pembelajaran Tadabur Alam memberikan pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMKS Miftahul Ulum Bandar Lampung” sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Kata Kunci : Tadabur Alam dan Hasil Belajar iii ABSTRACT This research was motivated by a problem, namely low learning outcomes in Islamic Religious Education subjects. This is caused by the teaching and learning process of students' abilities not understanding the material. One alternative that can be used to improve Islamic Religious Education learning outcomes is the Tadabur Alam learning model. The method used in this research is a quantitative method with the type of research used is true experimental design. The population in this study was all students at SMSK Miftahul Ulum Bandar Lampung, totaling 190 students, while the sample in this study was 2 classes chosen randomly, namely class X.1 as the control class, totaling 30 students and class X.2. as an experimental class there are 30 students. The implementation of this research has gone well in accordance with Tadabur Alam's learning steps, this is proven by an increase in learning outcomes. This can be seen from the results of the analysis of post test learning outcomes using the t-test formula showing that the amount of t obtained in the calculation ( t=8,341) and the amount of t listed in the t value table (t table 5% = 2,000), it can be seen that t calculated > t table, namely 8,341>2,000. So the results of the hypothesis test state that "The Tadabur Alam Learning Model has an influence on student learning outcomes in PAI subjects at Miftahul Ulum Vocational School Bandar Lampung" so that Ha is accepted and Ho is rejected. Keywords: Natural Tadabur and Learning Results

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:40
Last Modified: 05 Jan 2024 03:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31885

Actions (login required)

View Item View Item