PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 2 TATAKARYA LAMPUNG UTARA

DYAH, INDRI KUSUMA AYU (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 2 TATAKARYA LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI DYAH INDRI KUSUMA AYU.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi pada masalah yang ditemukan di kelas IV SDN 2 Tatakarya yaitu masih terdapat hasil belajar sisiwa yang rendah. Rendahnya hasil belajar siswa dapat terlihat dari hasil observasi di kelas IV SDN 2 Tatakarya dimana terdapat siswa yang cenderung pasif dan guru menjadi pusat dalam pembelajaran, sehingga pada saat proses pembelajaran berlangsung terdapat siswa yang hanya diam mendengarkan tanpa mau bertanya terhadap pelajaran yang ia tidak mengerti, kurangnya kerja sama dalam tim atau kelompok, kurang mendiskusikan suatu permasalahan dalam pembelajaran. Dengan ini tujuan persoalan pada penelitian ini yakni untuk mengetahui pengaruh metode Make A Match terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Tatakarya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dan jenis eksperimen yaitu Quasi Eksperimen Desain. Jenis penelitian ini dengan menggunakan pretest dan posttest di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Tatakarya Lampung Utara dengan teknik pengambilan sampel total sampling yaitu menjadikan total populasi sebagai sampel penelitian. Pengambilan sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelompok kelas antaranya kelas eksperimen dan kelas kontrol, kelas IV A sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Make A Match dan kelas IV B sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan teknik pengambilan data menggunakan tes soal pilihan ganda pecahan. Buku diperoleh dari buku-buku tentang hasil belajar dan metode pembelajaran serta jurnal-jurnal yang terkait dengan metode pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar sisiwa. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat dikatakan bahwa metode pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar siswa dalam perhitungan Uji-t di dapatkan nilai Sig. 0,001 maka jika nilai Sig. 0,05 (5%) pada Sig. (2-tailed) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Metode pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Tatakarya Lampung Utara, dan dapat iii berdampak positif dalam proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Make A Match, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:03
Last Modified: 05 Jan 2024 07:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31882

Actions (login required)

View Item View Item