PENGEMBANGAN E-KOMIK BERBASIS K E ARI FAN L O K AL S E B AG AI ME DI A PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA D I D I K D I S E K O L A H D A S A R

RATIH, MUTIARA SANI (2024) PENGEMBANGAN E-KOMIK BERBASIS K E ARI FAN L O K AL S E B AG AI ME DI A PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA D I D I K D I S E K O L A H D A S A R. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI RATIH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan berdasarkan pada permasalahan yang peneliti temukan dikedua sekolah, yaitu belum terdapat media pembelajaran berupa e-komik yang dapat membantu peserta didik mengenali kearifan lokal daerah tempat tinggal dan merasakan pembelajaran lebih kontekstual, masih rendahnya pengetahuan peserta didik mengenai kearifan lokal daerah Lampung, serta rendahnya kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika yang dianggap sulit oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan e-komik berbasis kearifan lokal, untuk mengetahui tingkat kelayakan e-komik berbasis kearifan lokal sebagai media pembelajaran yang dikembangkan, dan mengetahui efektifitas e-komik terhadap kemandirian belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Prosedur pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima langkah. Kelima langkah tersebut adalah: Analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Instrumen pengumpulan data berupa angket yang diberikan kepada ketiga validator para ahli yaitu ahli media, ahli bahasa dan ahli materi untuk mengetahui tingkat kelayakan produk, angket tanggapan pendidik dan angket respon peserta didik, dan angket kemandirian belajar peserta didik, serta tes matematika pecahan. Hasil dari penelitian pengembangan e-komik berbasis kearifan lokal sebagai media pembelajaran menunjukkan bahwa produk e�komik berbasis kearifan lokal sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran mata pelajaran matematika. Hal ini didasarkan pada hasil validasi ahli media mendapatkan persentase sebesar 98,05% dengan kriteria “Sangat Layak”, hasil validasi ahli bahasa mendapatkan persentase 91,25% dengan kriteria “Sangat Layak”, hasil validasi ahli materi mendapatkan persentase 87,3% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil penilaian tanggapan pendidik mendapatkan persentase 95% dengan kriteria “Sangat Layak”, kemudian hasil uji coba peserta didik skala kecil mendapatkan persentase 88,7% dengan kriteria “Sangat Layak” dan hasil uji coba iv peserta didik skala besar mendapatkan hasil persentase 89,03% dengan kriteria “Sangat Layak”, dan hasil N-Gain angket kemandirian belajar pada SD Negeri 1 Jatimulyo, Lampung Selatan memperoleh sebesar 0,44 dan SD Negeri 2 Jatimulyo, Lampung Selatan memperoleh N-Gain sebesar 0,53. Pada Tes matematika materi pecahan pada SD Negeri 1 Jatimulyo, Lampung Selatan memperoleh N-Gain sebesar 0,69 dan SD Negeri 2 Jatimulyo, Lampung Selatan memperoleh N-Gain sebesar 0,51. Maka dapat disimpulkan pada kedua hasil uji keefektifan e-komik berbasis kearifan lokal sebagai medi pembelajaran mata pelajaran matematika materi pecahan sangat layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: E-Komik, Kearifan Lokal, Media Pembelajaran v ABSTRACT This research was conducted based on the problems that researchers found in both schools, namely that there is no learning media in the form of e-comics that can help students recognize the local wisdom of the area where they live and feel more contextual learning, the low knowledge of students about the local wisdom of the Lampung area, and the low independence of learning students in mathematics subjects that are considered difficult by students. This study aims to determine the process of developing e-comics based on local wisdom, to determine the level of feasibility of e-comics based on local wisdom as a developed learning media, and to determine the effectiveness of e-comics on student learning independence. This research uses research and development methods or Research and Development (R&D). The ADDIE development procedure consists of five steps. The five steps are: Analysis, design, development, implementation, and evaluation. The data collection instrument is in the form of questionnaires given to the three validators of experts, namely media experts, linguists and material experts to determine the level of product feasibility, educator response questionnaires and student response questionnaires, and student learning independence questionnaires, as well as fractional mathematics tests. The results of research on the development of e-comics based on local wisdom as a learning medium show that e-comics products based on local wisdom are very feasible to be used as learning media for mathematics subjects. This is based on the results of media expert validation getting a percentage of 98.05% with the criteria "Very Feasible", the results of linguist validation getting a percentage of 91.25% with the criteria "Very Feasible", the results of material expert validation getting a percentage of 87.3% with the criteria "Very Feasible". The results of the assessment of educator responses get a percentage of 95% with the criteria of "Very Feasible", then the results of small-scale student trials get a percentage of 88.7% with the criteria of "Very Feasible" and the results of large-scale student trials get a percentage result of 89.03% with the criteria of "Very Feasible", vi and the results of the N-Gain questionnaire of learning independence at SD Negeri 1 Jatimulyo, South Lampung get 0.44 and SD Negeri 2 Jatimulyo, South Lampung obtained an N-Gain of 0.53. In the fractional material math test at SD Negeri 1 Jatimulyo, South Lampung obtained an N-Gain of 0.69 and SD Negeri 2 Jatimulyo, South Lampung obtained an N-Gain of 0.51. So it can be concluded in both results of the effectiveness test of e-comics based on local wisdom as a learning medium for mathematics subjects, fractional material is very feasible and effective to be used in the learning process. Keywords: E-Comic, Local Wisdom, Learning Media

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jan 2024 07:48
Last Modified: 04 Jan 2024 08:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31880

Actions (login required)

View Item View Item