PENGARUH METODE DEMONSTRASI DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK GOEMERLANG SUKARAME BANDAR LAMPUNG

Annisa, Nur Fitria (2024) PENGARUH METODE DEMONSTRASI DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK GOEMERLANG SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of skripsi Annisa Nur Fitria.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum maksimalnya perkembangan bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun di TK Goemerlang Sukarame Bandar lampung. Tujuan penelitan ini adalah untuk melihat pengaruh penggunaan metode demonstrasi dengan pendekatan saintifik tehadap perkembangan bahasa ekspresif anak usia 5-6 Tahun di TK Goemerlang Sukarame bandar lampung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen dengan menggunakan rancangan pretest-posttest control grup design. Penelitian ini menggunakan populasi sebanyak 61 siswa dan sampel sebanyak 40 siswa yang dibagi mejadi kelas eksperimen pada kelas B2 sebanyak 20 siswa dan kelas kontrol pada kelas B1 sebanyak 20 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian menghasilkan nilai output pada uji validitas menggunakan dependent sampel T-test dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05 dapat diketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001< 0,05 maka hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode demonstrasi dengan pendekatan saintifik terhadap perkembangan bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun di TK Goemerlang Sukarame Bandar lampung, berdasarkan hasil hitung pada model summary dapat diketahui bahwa besarnya nilai korelasi atau hubungan (R) yaitu sebesar 0,823. Berdasarkan output tersebut diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,678 yang berarti bahwa pengaruh metode demonstrasi dengan pendekatan saintifik terhadap perkembangan bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun di TK Goemerlang Sukarame Bandar lampung adalah sebesar 67,82%. Kata kunci : pendekatan saintifik, metode demonstrasi, bahasa ekspresi iii ABSTRACK This research was motivated by the lack of optimal development of expressive language in children aged 5-6 years at Kindergarten Goemerlang Sukarame Bandar Lampung. The aim of this research is to see the effect of using the demonstration method with a scientific approach on the development of expressive language in children aged 5-6 years at the Goemerlang Sukarame Kindergarten in Bandar Lampung. This research uses quantitative methods with a quasy experiment approach using a pretest-posttest control grup design. This research used a population of 61 students and a sample of 40 students who were divided into an experimental class in class B2 with 20 students and a control class in class B1 with 20 students. The data collection techniques used in this research used observation, documentation and interviews. Based on the results of data analysis and discussion of research results that produce output values in the validity test using the dependent sample T-test with a significance level of 5% or 0.05, it can be seen that the Sig. (2-tailed) is 0.001 < 0.05, so this shows that Ha is accepted and Ho is rejected. So there is an influence of the demonstration method with a scientific approach on the development of expressive language in children aged 5-6 years at Kindergarten Goemerlang Sukarame Bandar Lampung. Based on the calculation results in the summary model, it can be seen that or relationship value (R) is 0.823. Based on this output, a coefficient of determination (R Square) was obtained of 0.678, which means that the influence of the demonstration method with a scientific approach on the development of expressive language in children aged 5-6 years was 67.82%. Key words: scientific approach, demonstration method, expressive language

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jan 2024 07:26
Last Modified: 04 Jan 2024 08:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31877

Actions (login required)

View Item View Item