UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI TEKNIK MEMBUTSIR MENGGUNAKAN TANAH LIAT DI TK HIP HOP SUKARAME BANDAR LAMPUNG

Rizca, Istikhomah (2024) UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI TEKNIK MEMBUTSIR MENGGUNAKAN TANAH LIAT DI TK HIP HOP SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI RIZCA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu kegiatan pembelajaran yang dapat digunakan untuk mendorong anak agar memiliki perkembangan kreativitas yang siknifikan di TK Hip Hop Sukarame Bandar Lampung yaitu melalui teknik membutsir menggunakan tanah liat. Pada penelitian ini menggunakan media tanah liat dalam proses pembelajaran yang memiliki dampak yang sangat penting dalam perkembangan kreativitas pada anak. Masih banyak anak yang tidak berani mengemukakan pendapat, Imajinasi anak belum berkembang secara optimal, masih terdapat anak pada saat proses pelajaran berlangsung mengalami kesulitan dan tidak mau menyelesaikan tugas, kemudian guru masih melakukan pembelajaran secara monoton. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu “Apakah dengan teknik membutsir menggunakan tanah liat dapat meningkatkan kreativitas pada anak di TK Hip Hop Sukarame Bandar Lampung? Kemudian Tujuan dari penelitian ini adalah “Untuk mengetahui apakah dengan teknik membutsir menggunakan tanah liat dapat meningkatkan kreativitas anak di TK Hip Hop Sukarame Bandar Lampung” Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Pada penelitian ini menggunakan skema Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari II siklus, dalam I siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Indikator pencapaian pada penelitian ini 75% (BSB). Subjek pada penelitian ini menggunakan kelompok B1 di TK Hip Hop Sukarame Bandar Lampung yang berjumlah 10 peserta didik. Adapun objek pada penelitian ini yaitu meningkatkan kreativitas anak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan Dokumentasi. Instrument yang digunakan peneliti dalam observasi berupa lembar pengamatan penelitian siswa dalam proses pembelajaran, dalam kegiatan dokumentasi pada aktivitas anak selama kegiatan pembelajaran berupa foto sebagai dokumentasi, selain itu juga untuk mengetahui kondisi yang ada disekolah serta permasalahan maka peneliti menggunakan pedoman wawancara terhadap guru kelompok B1. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media tanah liat dapat meningkatkan kreativitas anak di TK Hip Hop Sukarame Bandar Lampung. Hal ini dapat dilihat dari iv indikasi peningkatan pada setiap siklus, pada kondisi awal atau prasurvey. Anak yang berkembang sangat baik (BSB) 0 (0%). Sedangkan pada siklus I anak yang berkembang sangat baik (BSB) meningkat menjadi 4 (40%). Kemudian pada siklus II juga mengalami peningkatan yaitu anak yang berkembang sangat baik (BSB) menjadi 8 (80%). Penelitian tindakan kelas pada kegiatan membutsir menggunakan tanah liat pada usia 5-6 tahun di TK Hip Hop Sukarame Bandar Lampung sudah mencapai kriteria perkembangan sesuai dengan indikator keberhasilan. Dengan demikian melalui teknik membutsir menggunakan tanah liat dapat meningkatkan kreativitas anak di TK Hip Hop Sukarame Bandar Lampung. Kata Kunci : Tanah Liat, Kreativitas, Anak Usia Dini v ABSTRACT One of the learning activities that can be used to encourage children to have significant creative development at the Sukarame Bandar Lampung Hip Hop Kindergarten is through the technique of pulsing using clay. In this research, clay media was used in the learning process which has a very important impact on the development of creativity in children. There are still many children who do not dare to express their opinions, children's imaginations have not developed optimally, there are still children who experience difficulties during the learning process and do not want to complete assignments, and teachers still carry out learning in a monotonous manner. The formulation of the problem in this research is "Can the technique of pulsing using clay increase creativity in children at the Sukarame Hip Hop Kindergarten in Bandar Lampung? Then the aim of this research is "To find out whether the pulsing technique using clay can increase children's creativity at the Sukarame Hip Hop Kindergarten in Bandar Lampung." This type of research uses classroom action research. This research uses the Kemmis and Mc Taggart scheme which consists of II cycles, with cycle I consisting of three meetings. The achievement indicator in this study was 75%. (BSB). The subjects in this study used group B1 at the Sukarame Hip Hop Kindergarten in Bandar Lampung, totaling 10 students. The object of this research is increasing children's creativity. Data collection techniques use interview, observation and documentation techniques. The instruments used by researchers in observation were student research observation sheets in the learning process, in documentation activities on children's activities during learning activities in the form of photos as documentation, apart from that, to find out the conditions at school and problems, the researcher used interview guidelines for group B1 teachers. Based on the research results, it can be concluded that the use of clay media can increase children's creativity at the Sukarame Hip Hop Kindergarten in Bandar Lampung. This can be seen from the indication of improvement in each cycle, in initial or pre-survey conditions. Very well developed children (BSB) 0 (0%). Meanwhile, in vi cycle I, children who developed very well (BSB) increased to 4 (40%). Then in cycle II there was also an increase, namely children who developed very well (BSB) to 8 (80%). Classroom action research on sanding activities using clay at the age of 5-6 years at the Sukarame Hip Hop Kindergarten in Bandar Lampung has reached the development criteria according to the indicators of success. In this way, using the sanding technique using clay can increase children's creativity at the Sukarame Hip Hop Kindergarten in Bandar Lampung. Keywords : Clay, Creativity, Early Childhood

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jan 2024 07:21
Last Modified: 04 Jan 2024 08:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31876

Actions (login required)

View Item View Item