PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN GENIALLY TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK

SABRINA, MAHYUNI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN GENIALLY TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi Sabrina Mahyuni BAB 1 &5.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of Skripsi Sabrina Mahyuni FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam menyatakan kembali suatu konsep, menggunakan prosedur matematika yang tepat dan mengaplikasikannya dalam permasalahan matematika. Berdasarkan hasil pra penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik masih tergolong rendah karena kurangnya keaktifan dan minat peserta didik dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TGT menggunakan media pembelajaran berbantuan Genially terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan minat belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi Experimental Design, sebagai sampel adalah peserta didik kelas VIII J untuk kelas eksperimen 1, kelas VIII H untuk kelas eksperimen 2, dan kelas VIII I untuk kelas control dengan populasi seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji MANOVA. Berdasarkan analisis uji MANOVA dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh sehingga H0AB ditolak, sehingga H0A ditolak, dan sehingga H0B ditolak. Berdasarkan pada teori dan perhitungan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1) Model pembelajaran TGT menggunakan media pembelajaran berbantuan Genially memiliki pengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan minat belajar, (2) Model pembelajaran TGT menggunakan media pembelajaran berbantuan Genially memiliki pengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis, (3) Model pembelajaran TGT menggunakan media pembelajaran berbantuan Genially memiliki pengaruh terhadap minat belajar. Kata Kunci: Model Pembelajaran TGT, Genially, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Minat Belajar iii ABSTRACT The ability to understand mathematical concepts is the ability that students must have in restating a concept, using appropriate mathematical procedures and applying them to mathematical problems. Based on pre-research results, it shows that students' ability to understand mathematical concepts is still relatively low due to the lack of student activity and interest in learning. This research aims to determine the effect of the TGT learning model using Genially assisted learning media on students' ability to understand mathematical concepts and interest in learning. This research is a quantitative research with a Quasi Experimental Design type, the samples is students from class VIII J for experiment 1 class, class VIII H for experiment 2 class, and class VIII I for control class with a population of all class VIII students at SMP Negeri 1 Natar South Lampung. The sampling technique uses cluster random sampling. Data collection in research uses tests and questionnaires. Data analysis techniques use normality tests and homogeneity tests. Hypothesis testing in this research uses the MANOVA test. Based on MANOVA test analysis with a significance level of 0.05, a p-value of 0.000 < 0.05 was obtained so that H0AB was rejected, a p-value of 0.001 < 0.05 so that H0A was rejected, and a p�value of 0.000 < 0.05 so that H0B was rejected. Based on the theory and analytical calculations that have been carried out, it can be concluded that: (1) The TGT learning model using Genially assisted learning media has an influence on the ability to understand mathematical concepts and interest in learning, (2) The TGT learning model using Genially assisted learning media has an influence on ability understanding of mathematical concepts, (3) The TGT learning model using Genially assisted learning media has an influence on interest in learning. Keywords: TGT Learning Model, Genially, Ability to Understand Mathematical Concepts, Interest in Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jan 2024 06:58
Last Modified: 04 Jan 2024 08:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31874

Actions (login required)

View Item View Item