MANAJEMEN HUMAS PADA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

SYIHABUDDIN, Rohman (2024) MANAJEMEN HUMAS PADA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI (BAB I - II & DAPUS).pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Peran humas dalam lembaga pendidikan, seperti Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bandar Lampung, sangat penting dalam membangun citra positif dan meningkatkan kualitas pendidikan. Perkembangan digital dan tuntutan transparansi semakin memperumit manajemen humas. Madrasah ini memiliki karakteristik unik, termasuk pengelolaan pembelajaran yang ramah anak, fasilitas yang nyaman, dan prestasi yang tinggi. Namun, persepsi masyarakat terhadap madrasah ini bervariasi. fungsi manajemen yang baik tentu melibatkan semua pihak dalam merumuskan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. menentukan target, tempat dan pelaksanaan yang kondusif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program humas di MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan mereduksi data, setelah itu disajikan dalam bentuk deskripsi dan diverifikasi dengan menarik kesimpulan. Penelitian ini Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan program Humas di MTs Negeri 2 Bandar Lampung dimulai dengan menetapkan aspek Humas sebelum tindakan dilakukan. Proses perencanaan dilakukan sejak awal, sebagai fungsi utama sebelum pelaksanaan kebijakan dan kegiatan. Rencana kerja Humas dibuat dengan 5W 1H untuk pesan berkualitas. Madrasah juga mengikuti perkembangan masyarakat, berusaha memberikan pesan positif yang diterima secara umum, menciptakan kesan dan citra yang baik. (2) Pelaksanaan program humas di MTs Negeri 2 Bandar Lampung melibatkan semua pengelola madrasah, dengan kegiatan yang telah direncanakan dan disetujui oleh kepala madrasah. Ini berjalan operasional setiap hari dan melibatkan wali murid serta masyarakat dalam beberapa kegiatan. (3) Evaluasi dilakukan setelah kegiatan selesai untuk mengoreksi dan menilai pelaksanaan MTsN 2 Bandar Lampung sesuai rencana. Ini membantu mengidentifikasi hambatan, kendala, dan kekurangan dalam kegiatan humas. Hasil evaluasi menjadi acuan keberhasilan dan memberikan masukan pada rapat evaluasi pasca pelaksanaan. Kata kunci: Manajemen, Humas, Madrasah. iv ABSTRACT The role of public relations in educational institutions, such as Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bandar Lampung, is very important in building a positive image and improving the quality of education. Digital developments and demands for transparency increasingly complicate public relations management. This madrasah has unique characteristics, including child-friendly learning management, comfortable facilities, and high achievement. However, public perceptions of these madrasas vary. Good management functions certainly involve all parties in formulating planning, implementation and evaluation. determine targets, places and conducive implementation. The purpose of this research is to determine the planning, implementation and evaluation of the public relations program at MTs Negeri 2 Bandar Lampung. This research use desciptive qualitative approach. Data collection was carried out by conducting interviews, observation and documentation. Analysis of the data used in this research was carried out by reducing the data, after which it was presented in the form of descriptions and verified by drawing conclusions. The results of this research show that: (1) Planning for the Public Relations program at MTs Negeri 2 Bandar Lampung begins with determining the Public Relations aspects before action is carried out. The planning process is carried out from the start, as the main function before implementing policies and activities. The PR work plan is made with 5W 1H for quality messages. Madrasas also follow developments in society, trying to provide positive messages that are generally accepted, creating a good impression and image. (2) The implementation of the public relations program at MTs Negeri 2 Bandar Lampung involves all madrasah managers, with activities that have been planned and approved by the head of the madrasah. It runs operations every day and involves parents and the community in several activities. (3) Evaluation is carried out after the activity is completed to correct and assess the implementation of MTsN 2 Bandar Lampung according to plan. It helps identify barriers, constraints, and shortcomings in public relations activities. The evaluation results become a reference for success and provide input at post-implementation evaluation meetings. Keywords: Management, Public Relations, Madrasa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jan 2024 06:26
Last Modified: 04 Jan 2024 09:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31869

Actions (login required)

View Item View Item