MANAJEMEN KELAS DALAM MEMBANGUN BUDAYA PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG

ADZKIA, SALSABILAH (2024) MANAJEMEN KELAS DALAM MEMBANGUN BUDAYA PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI ADZKIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen kelas memiliki peranan penting dalam proses belajar mengajar guru dengan siswa di dalam kelas, manajemen kelas merupakan usaha sadar untuk merencanakan, mengorganisasikan, mengaktualisasikan, serta melaksanakan pengawasan terhadap program dan kegiatan yang ada di kelas sehingga proses belajar mengajar dapat berlangsung secara sistematis, efektif, dan efesien. Pada era pemulihan belajar guru perlu beradaptasi dengan lahirnya Kurikulum merdeka dapat diterapkan antara lain dengan projek penguatan profil pelajar Pancasila dengan memberikan penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitiaan ini yaitu, (1) perencanaan kelas dalam membangun budaya P5 di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung dengan cara membuat: Modul Ajar, Alur Tahapan Pembelajaran (ATP), menggunakan metode pembelajaran diskusi dan ceramah. Pada kegiatan P5 koordinator P5 membuat Modul P5 dengan tema pilihan yaitu kearifan lokal, suara demokrasi. (2) pengorganisasian kelas dalam membangun budaya P5 dengan cara guru membuat kelompok belajar. (3) kepemimpinan kelas dalam membangun budaya P5 di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung dengan cara guru membuat kontrak belajar dengan siswa. Seperti yang ada didalam dimensi profil pelajar pancasila yaitu beriman, berakhlak dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa maka, guru memberikan motivasi dan nasihat kepada siswa agar tidak melakukan perilaku yang menyimpang dan mengarahkan siswa dalam pada proses pembelajaran. (4) pengendalian kelas dengan cara guru melakukan pengawasan kepada peserta didik dan evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan cara melakukan penilaian kepada siswa. Kata Kunci : Manajemen Kelas, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) iv ABSTRACT Classroom management has an important role in the teaching and learning process of teachers and students in the classroom. Classroom management is a conscious effort to plan, organize, actualize and carry out supervision of programs and activities in the classroom so that the teaching and learning process can take place systematically, effectively, and efficient. In the era of learning recovery, teachers need to adapt to the birth of the independent curriculum, which can be implemented, among other things, with a project to strengthen the profile of Pancasila students by providing character strengthening as well as opportunities to learn from the surrounding environment. This research uses a descriptive qualitative approach. This research uses data collection techniques by means of interviews, observation and documentation. The results of this research are, (1) class planning in building a P5 culture at SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung by creating: Teaching Modules, Learning Stage Flow (ATP), using discussion and lecture learning methods. In the P5 activity, the P5 coordinator created a P5 Module with a chosen theme, namely local wisdom, the voice of democracy. (2) organizing the class to build a P5 culture by the teacher creating study groups. (3) class leadership in building a P5 culture at SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung by means of teachers making learning contracts with students. As in the dimensions of the Pancasila student profile, namely faith, morals and devotion to God Almighty, teachers provide motivation and advice to students so as not to engage in deviant behavior and direct students in the learning process. (4) classroom control by means of teachers supervising students and evaluating learning carried out by teachers by assessing students. Keywords: Class Management, Project for Strengthening Pancasila Student Profiles (P5)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jan 2024 04:37
Last Modified: 04 Jan 2024 08:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31867

Actions (login required)

View Item View Item