ANALISIS KENDALA PEMASARAN PRODUK INVESTASI E�MAS BSI MOBILE PADA GENERASI MILENIAL (Studi Pada Bank Syariah Indonesia KCP Bandar Lampung Teluk Betung)

Intan, Anggraini Pratiwi (2023) ANALISIS KENDALA PEMASARAN PRODUK INVESTASI E�MAS BSI MOBILE PADA GENERASI MILENIAL (Studi Pada Bank Syariah Indonesia KCP Bandar Lampung Teluk Betung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI INTAN ANGGRAINI PRATIWI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Bank syariah memiliki peluang yang cukup besar dari segi pasar sasaran. Akan tetapi, potensi pasar tersebut belum merespon secara maksimal, sehingga yang terjadi adalah pangsa pasar bank syariah secara nasional belum seberapa apabila dibandingkan dengan pangsa pasar bank konvensional. Sebagian besar masyarakat yang notabene muslim, masih loyal dengan produk dan jasa layanan perbankan yang disediakan oleh bank konvensional. Maka, diperlukan strategi yang efektif untuk mengambil alih pasar atau memenangkan persaingan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kendala pemasaran produk investasi e-mas bsi mobile pada generasi milenial. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini berupa data primer yang didapatkan secara langsung dari informan melalui observasi dan wawancara mendalam dengan pihak BSI dan nasabah BSI Cabang Teluk Betung dan data sekunder yang di peroleh dari buku-buku dan referensi lainnya yang berhubungan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan Kendala yang dihadapi Bank Syariah Indonesia dalam pemasaran produk investasi e-mas BSI Mobile pada Generasi Milenial yakni a) Kurangnya pengetahuan dan pemahaman tentang produk perbankan syariah, b) banyaknya kompetitor, c) Sulitnya penguasaan Teknologi. Kata Kunci: Kendala, Strategi Pemasaran, Tabungan e-mas iii ABSTRACT Islamic banks have quite large opportunities in terms of their target market. However, this market potential has not been responded to optimally, so what happens is that the market share of sharia banks nationally is not much compared to the market share of conventional banks. The majority of people who are Muslim are still loyal to banking products and services provided by conventional banks. Therefore, an effective strategy is needed to take over the market or win the competition. This research aims to determine the obstacles to marketing BSI mobile e-mas investment products among the millennial generation. The research method used is field research with a qualitative descriptive research type. The data sources for this research are primary data obtained directly from informants through observation and in-depth interviews with BSI and customers of BSI Teluk Betung Branch as well as secondary data obtained from books and other references related to the research. The data collection techniques used were observation, interviews and documentation. The results of this research show the obstacles faced by Bank Syariah Indonesia in marketing BSI Mobile e-gold investment products to the Millennial Generation, namely a) lack of knowledge and understanding of sharia banking products, b) many competitors, c) difficulty in mastering technology. Keywords: Constraints, Marketing Strategy, e-mas Savings

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jan 2024 04:30
Last Modified: 04 Jan 2024 04:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31866

Actions (login required)

View Item View Item